Bupati Giri Prasta Pastikan Segera Tangani Abrasi Pantai Kuta

0
197
Pos Balawista yang fondasinya rusak parah akibat abrasi. (dok)

KUTA – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta memastikan akan melakukan tindak lanjut terhadap abrasi di pesisir Pantai Kuta. Meski disadari, abrasi terjadi akibat kondisi alam saat ini terbilang ekstrim.

“Kami akan lakukan koordinasi dahulu. Ini harus segera mungkin kami tangani,” tegasnya, Senin (6/12/2021) lalu.

Bukan hanya kaitan dengan kondisi pantai, akibat cuaca ekstrim, Giri Prasta juga berpesan agar masyarakat bisa senantiasa waspada. Utamanya para nelayan yang beraktivitas di laut.

“Begitu keadaan ombak melandai, baru melaut sekuat tenaga lagi,” ucapnya menyemangati.

Kembali berkenaan dengan Pantai Kuta, Giri Prasta menegaskan Pemerintah Kabupaten Badung tidak akan tinggal diam. Bahkan kini, sudah ada rencana penataan dengan memanfaatkan dana PEN.

“Saya sudah berkoordinasi dengan pihak Pusat. Yang pertama kami akan melakukan untuk dana PEN. Astungkara itu bisa dilakukan,” sebutnya.

Yang direncanakan itu, katanya berbeda dengan penataan yang diprogramkan Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali Penida. Namun demikian, kedua program tersebut sesungguhnya merupakan wujud dari sebuah kolaborasi. BWS Bali Penida kaitan dengan penambahan sempadan pantai, sementara pihaknya lebih kepada penyempurnaan fasilitas yang ditawarkan di obyek wisata Pantai Kuta.

“Ini semua yang kami lakukan, sebuah penataan wilayah, sehingga ke depan Kuta tidak ditinggalkan. Karena apa? Karena ada hal baru,” ucapnya.

Giri Prasta kembali menegaskan, Pemerintah Kabupaten Badung akan melakukan upaya sepenuhnya. Karena menurut dia, inovasi mau tidak mau harus dilaksanakan, berkenaan dengan penyempurnaan fasilitas.

“Intinya kami harus melakukan sebuah gerak langkah untuk memberikan kenyamanan dan keamanan kepada masyarakat maupun wisatawan. Satu keinginan saya, dengan memanfaatkan potensi yang ada, agar bagaimana masyarakat bisa menjadi tuan di rumahnya sendiri,” ucapnya. (adi/jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twelve − 8 =