Tabanan Segera Punya Pabrik Pengolahan Porang

0
173
Umbi porang bisa diolah menjadi berbagai produk

TABANAN –  Selain sebagai penghasil, Tabanan segera memiliki pabrik pengolahan umbi porang. Pemerintah pusat  telah menyetujui rencana pembangunan pabrik pengolahan porang di Desa Batungsel, Kecamatan Pupuan, Tabanan. Pembangunan pabrik akan mulai tahun 2022 mendatang dengan sumber anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan pagu Rp 23 Miliar.

Untuk diketahui, Pemkab Tabanan telah melakukan pengajuan RAB ke Pemerintah Pusat lewat Aplikasi Krisna di Pusat pada pertengahan tahun 2021 lalu. Setelah diusulkan, akhirnya disetujui dan akan mulai direalisasikan pada tahun 2022 mendatang.  

“Pemerintah pusat menyetujui pembangunan pabrik porang di Batungsel dan baru akan dilaksanakan di tahun 2022,” ungkap  Kepala Bapelitbang Tabanan, I Gede Urip Gunawan, Rabu (1/12/2021) .

Untuk pengusulannya, kata dia, sudah dilakukan lewat Aplikasi Krisna di Pusat. Mengenai prosesnya sudah masuk ke aplikasi dan kemudian diverifikasi hingga akhirnya disetujui.

“Setelah diusulkan,  pusat menyetujui anggaran sebesar Rp 23 Miliar. Rp 20 Miliar untuk fisik dan Rp 3 Miliar untuk non fisik,” jelas Urip.

Kepala Dinas Peridustrian dan Perdagangan Tabanan Putu Santika membenarkan pengajuan proposal pembangunan pabrik porang tersebut. “Masih dalam proses,” katanya singkat.

Sebelumnya Pemkab Tabanan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan mengusulkan proposal pembangunan pabrik pengolahan porang lewat Dana Alokasi Khusus (DAK) 2022. Rencananya, pabrik ini nantinya akan dibangun di daerah Desa Batungsel, Kecamatan Pupuan. Saat ini, pengusulan tersebut sedang dalam proses perbaikan Rencana Pembiayaan Anggaran (RAB). Dalam perjalanannya, usulan diterima pusat dengan pagu anggaran DAK sebesar Rp 23 Miliar. (jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two + 12 =