Jelang Galungan, Harga Cabai Turun

0
25
Ilustrasi, harga cabai berangsur-angsur turun

TABANAN – Menjelang hari raya Galungan dan Kuningan biasnya harga kebutuhan pokok termasuk bumbu akan meningkat. Seperti harga cabai yang sempat melambung sampai Rp 110 Ribu per Kilogram justru mengalami penurunan. Saat ini harag cabai merah kecil kualitas I di angka Rp 70 Ribu per Kilogram. Ini terjadi setelah adanya pasokan yang cukup melimpah dari Jawa.

Berdasarkan pantauan harga sembako di pasar yang dilakukan Dinas Perindag Tabanan, selain cabai merah kwalitas I menurun, harga cabai kwalitas II juga mengalami penurunan senilai Rp 35 Ribu. Dari sebelumnya Rp 100 Ribu, kini sudah diangka Rp 65 ribu. Bawang merah mengalami penurunan sebesar Rp 2 ribu. Sementara itu, harga daging ayam ras justru naik sebesar Rp 3 Ribu, dari sebelumnya Rp 37 Ribu menjadi Rp 40 Ribu. Dan untuk bahan lainnya masih tergolong stabil.

“Dari pemantauan yang dilakukan di pasar, sebagian besar harga bahan makanan di pasaran stabil. Namun khusus untuk cabai sudah turun secara siginifikan,” kata Kadis Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Tabanan, I Gusti Nyoman Arya Wardana didampingi Kabid Perdagangan, Ni Wayan Primayani, Rabu 7 April 2021.

Menurut Arya Wardana, penurunan harga cabai ini karena adanya pasokan dari luar Bali seperti Jawa. Hasil data dari para pedagang di pasar, penurunan harga ini tidak secara drastis namun bertahap.

“Pasokan sudah mulai terpenuhi, sudah mulai masuk ke Bali. Kalau dulu mengandalkan lokal saja. Penurunannya sudah sejak Jumat pekan lalu,” jelasnya. (jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here