Ini 10 Desa dan Kelurahan di Badung yang Ditetapkan Sebagai Zona Merah

0
2508
Untuk desa yang ditetapkan sebagai zona merah akan dilaksanakan screning lebih masif.

MANGUPURA – Pemkab Badung menetapkan 10 Desa/Kelurahan di empat Kecamatan masuk dalam zona merah Covid-19. Kesepuluh desa ini akan mendapatkan atensi khusus, dalam Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Micro.

Sepuluh Desa yang termasuk zona merah tersebut adalah, Desa Blahkiuh dan Desa Darmasaba di Kecamatan Abiansemal, Desa Penarungan dan Kelurahan Lukluk di Kecamatan Mengwi, Kelurahan Benoa, Desa Ungasan, dan Kelurahan Jimbaran di Kecamatan Kuta Selatan, serta Kelurahan Kerobokan Kaja, Kelurahan Kerobokan Kelod dan Desa Dalung di Kecamatan Kuta Utara.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Badung dr. Nyoman Gunarta, yang dikonfirmasi, Senin (22/2) menjelaskan penetapan 10 desa zona merah tersebut berdasarkan data peningkatan jumlah kasus terkonfirmasi positif covid-19 di wilayah Desa atau kelurahan tersebut. “Penetapan zona diserahkan ke masing-masing kabupaten, akan tetapi tetap ada kriterianya,”jelas mantan Dirut RSD Mangusada ini.

Untuk zona hijau sama sekali atau nihil kasus, zona kuning ditemukan 1-10 kasus, zona orange ditemukan 6-10 kasus dan zona merah lebih dari 10 kasus.Apakah akan dilakukan lockdown diwilayah zona merah? “Tidak seperti itu (tidak melaksanakan karantina wilayah),”ujarnya.

Desa atau Kelurahan yang masuk zona merah, kata dia, wajib melaksanakan poin-poin dalam PPKM skala miro secara ketat, diantaranya warung makan hanya boleh sampai pukul 21.00 Wita, perluasan tracing yaitu 20 sampai 30 tracing setiap satu kasus terkonfirmasi covid-19. Selanjutnya pemberlakuan karantina untuk yang kontak erat, kegiatan keagamaan maximal pelaksana upacaranya 50 orang. “Adanya tindakan preventif berupa rapid antigen kepada panitia kegiatan keagamaan,”papar dr. Gunarta.

Seluruh wilayah wajib mengoptimalkan posko penanganan Covid 19 di tingkat Desa dan Kelurahan. Rencananya, Selasa (23/2) akan dilaksanakan rapat kembali dengan melibatkan seluruh unsur-unsur terkait, serta Kepala Desa dan Lurah yang wilayahnya termasuk dalam zona merah. (lit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here