Komunitas Eco Enzyme Sterilkan Udara Karangasem

0
158
Penyemprotan cairan organik Eco Enzyme keliling Kota Karangasem.

KARANGASEM – Komunitas Eco Enzyme Karangasem bersama Dinas Lingkungan Hidup menyemprotkan cairan organik Eco Enzyme keliling Kota Karangasem, Minggu, 7 Februari 2021.

Eco Enzyme merupakan cairan organik yang terbuat dari fermentasi sampah yang segar (sisa kulit buah dan sayur) molasses dan air yang memiliki warna coklat dan aroma asam layaknya fermentasi. Penyemprotan diawali dari Kantor Dinas Lingkungan Hidup itu bertujuan untuk mensterilkan udara dari polusi, serta memperbaiki lapisan ozon. Terlebih, di tengah pandemi Covid-19.

Dr. Budiarta selaku Ketua komunitas Eco Enzyme mengatakan, cairan organik ini sudah diteliti dan teruji sebagai cairan ramah lingkungan yang dapat berfungsi sebagai desinfektan ataupun antiseptik anti virus dan bakteri, serta diharapkan dapat menghambat penyebaran Virus Corona. “Kawasan kota dipilih menjadi tempat penyemprotan Eco Enzyme karena populasinya banyak. Jadi, kita lebih mudah untuk mensosialisasikan penggunaan Eco Enzyme,” ungkapnya.

Selain itu, Eco Enzyme juga merupakan cairan multifungsi. Tak hanya untuk pembersihan udara, tapi juga dapat menjernihkan air dan diaplikasikan ke tanah sebagai pestisida alami.

Sementara, Kadis Lingkungan Hidup I Gede Ngurah Yudiantara yang ikut dalam kegiatan tersebut memberikan banyak apresiasi. “Di mata kami, dengan adanya produksi Eco Enzyme ini akan mengurangi sampah yang masuk ke tempat sampah dan dapat dimanfaatkan kembali oleh masyarakat sehingga mengurangi timbunan sampah,” ungkapnya. (ami)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here