Tim Panjat Tebing Fokus Endurance di Tabanan

0
54
TIM bayangan panjat tebing PON Bali saat berlatih di lapangan Alit Saputra kemarin.

TABANAN – Tim bayangan panjat tebing PON Bali bersama pelapisnya kini digenjot fokus pada endurance atau daya tahan tubuh di lintasan panjat tebing kawasan Lapangan Alit Saputra Tabanan, Rabu, 3 Februari 2021. Meski total kuota atlet yang lolos PON XX/2021 di Papua Oktober mendatang 8 atlet namun dalam latihan bersama itu total dengan pelapisnya 12 atlet.

Menurut Wakil Ketua II Pengprov FPTI Bali Suhardi EkaPrasetya saat mendampingi Ketua Umum FPTI Bali Putu Yudi Atmika, latihan bersama dengan mengedepankan prototol kesehatan itu rutin sepekan lima kali latihan dan hanya libur Senin serta Kamis libur bakal terus dilakukan.

“Sudah sepekan ini latihan dilakukan dan bakal rutin terus dijalankan. Hanya sekarang ini fokus dulu pada endurance kedua belas atlet panjat tebing PON Bali di Tabanan. Semua itu kami ikutkan untuk penentuan nantinya siapa sebenarnya atlet yang layak masuk tim inti PON Bali. Pasalnya sekarang ini pendaftaran untuk PON masih entry by number belum entry by name,” ujar Suhardi diamini Putu Yudi Atmika.

Disebutkan, dipilihnya latihan di Tabanan itu karena lintasan panjat tebing yang kondisinya bagus dan masih baru serta situasi dan kondusifitas tempat yang layak digunakan untuk latihan nomor speed, lead dan boulder.

“Latihannya bisa sekalian di tiga nomor itu karena lintasannya menjadi satu di Tabanan termasuk tempatnya luas jadi bisa untuk jaga jarak. Fokus sementara latihan ini memang soal endurance setelah para atlet tak bisa maksimal latihan mandiri selama ini,” tambah koordinator pelatih tim panjat tebing PON Bali itu.

Diakui, setelah latihan endurance nantinya masuk level bagus maka para atlet itu bakal di genjot dengan latihan teknik. Hal itu karena di masa pandemi sejak awal latihan bersama belum pernah dilakukan meski sempat melakukan sparing dengan tim panjat tebing PON Jawa Tengah silam. (ari) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here