Atlet Panjat Tebing Bali Desak Rita Masuk Pelatnas

0
31
Putu Yudi Atmika


DENPASAR – Salah satu atlet panjat tebing putri andalan Bali Desak Made Rita Kusuma Dewi dipanggil PP FPTI guna masuk Pelatihan Nasional (Pelatnas) Panjat Tebing sebagai persiapan mengikuti pra kualifikasi Olimpiade 2024. Desak Rita masuk pelatnas diantara 10 atlet panjat tebing putri yang juga dipanggil dari provinsi lainnya.

Ketua Umum Pengprov FPTI Bali Putu Yudi Atmika mengapresiasi semua itu. Apalagi dengan masuknya Desak Rita ke Pelatnas, maka ini kesempatan bagi atlet putri itu untuk mengembangkan kemampuannya apalagi Desak Rita memiliki keistimewaan bisa turun di tiga nomor yakni lead, boulder dan speed.

“Artinya akan banyak hal positif akan diperoleh Desak Rita terkait dengan dirinya masuk Pelatnas. Disamping akan dilatih oleh pelatih-pelatih nasional yang pastinya mampu mendongkrak kualitasnya, juga Desak Rita akan bisa banyak mengetahui lintasan atau jalur yang berbeda-beda untuk level nasional yang nantinya akan sangat berguna dalam PON XX/2021 di Papua Oktober mendatang. Termasuk nomor yag diikutinya karena nomor yang dipertandingkan di Olimpiade berbeda dengan di PON,” ungkap Yudi Atmika, Selasa (2/2/2021).

Disebutkan pria yang juga pengurus KONI Bali itu, dengan mengetahui jalur lintasan berbeda-beda yang nantinya dibuat Pelatnas, maka Desak Rita akan bisa mengetahui banyak karakter jalur lintasan sehingga ketika nanti di PON Papua turun maka akan memudahkan menguasai bagaimanapun bentuk jalur lintasan yang disiapkan.

“Terkait dengan jalur lintasan itu memang perlu dipahami juga oleh KONI Bali sebagai induk organisasi di Bali, panjat tebing memiliki potensi besar untuk meraih medali emas PON. Hanya saja memang kebutuhan untuk tim tidak bisa dilepaskan untuk faktor 4 orang yakni pembuat jalur, pengatur tali untuk atlet manjat, pelatih dan atlet itu sendiri. Itu satu kesatuan,” pungkas Yudi Atmika. (ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here