Waspada Klaster Upacara Adat, Perketat 3M Desa Bengkel dan Pegadungan

0
1055
Tim Medis Satgas-PP Covid-19 Buleleng lakukan swab warga Desa Pegadungan

BULELENG – Adanya trend peningkatan kasus konfirmasi dalam tiga hari terakhir, mendapatkan perhatian khusus Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng. Selain menggencarkan sosialisasi serta operasi penertiban Protokol Kesehatan (Prokes), Pemkab Buleleng melalui Satuan Tugas Percepatan Penanganan (Satgas-PP) Covid-19 Buleleng juga mengajak masyarakat tetap disiplin prokes dan mewaspadai Klaster Upacara Adat.

“Saat ini, penularan Covid-19 atau kasus konfirmasi di Kabupaten Buleleng, sebagian besar ditimbulkan dari klaster upacara adat,” ungkap Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, Sabtu (30/1/2021) usai memimpin rapat evaluasi percepatan penangganan Pandemi Covid-19 di Ruang Rapat Rujab Bupati Buleleng.

Bupati Suradnyana menegaskan, selain menggencarkan sosialisasi dan operasi penertiban Prokes, Pemkab Buleleng melalui Satuan Tugas Percepatan Penanganan (Satgas-PP) Covid-19 juga meningkatkan pemantauan penyebaran Covid-19 berdasarkan database di seluruh wilayah Kabupaten Buleleng.

“Salah satunya terkait penularan Covid-19 dari klaster upacara adat. Dan saat ini, terjadi penularan masif pada dua desa yang ada di Buleleng yakni Desa Pegadungan Kecamatan Sukasada dan Desa Bengkel Kecataman Busungbiu,” jelasnya.

Sesuai hasil rapat, untuk mencegah penularan dan mempercepat pengendalian Pandemi Covid-19 pada kedua desa tersebut, Satgas-PP Covid-19 Buleleng telah memutuskan pengetatan 3M dan mempercepat 3T. Pelaksanaan pengetatan 3M, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, kata Suradnyana dilakukan mulai 30 Januari 2021 sampai dengan tanggal 13 Pebruari 2021.

“Pelaksanan 3T, Tracing, Testing dan Treatment dipercepat, semula dijadwalkan Senin, 1 Pebruari 2021, menjadi Sabtu, 30 Januari 2021. Hal ini diputuskan, karena bagi saya dalam penanganan Covid-19 itu, yang terpenting adalah faktor kecepatan, baik tracing, testing dengan rapid antigen, hingga treatmen dalam bentuk isolasi,” tandas Bupati Suradnyana.

Sekda Gede Suyasa menambahkan, Bupati Buleleng telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 360/598/Pem/I/2021 tentang Pengendalian Covid-19 di Desa Pegadungan Kecamatan Sukasada dan Desa Bengkel Kecamatan Banjar. (kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here