Pemedek Banyu Pinaruh di Tirta Empul Dibatasi

0
167
PROKES : Pemedek cek suhu tubuh sebelum masuk area Pura Tirta Empul, Minggu (31/1/2021).

GIANYAR – Suasana Banyupinaruh di Pura Tirta Empul, Manukaya Let, Tampaksiring, Gianyar, berbeda dari biasanya. Lantaran masih dalam suasana pandemi Covid-19, pemedek yang tangkil tidak ramai.

Pantauan WARTA BALI, Minggu (31/1/2021), sejumlah petugas dari Polres Gianyar dan Polsek Tampaksiring berjaga-jaga mengawasi pemedek yang tangkil agar tetap mengikuti protokol kesehatan. Setiap shift dibatasi 30 orang pemedek untuk pengelukatan.

Sama seperti enam bulan lalu, Desa Adat Manukaya Let menyediakan kartu untuk mempermudah mengatur pemedek agar tidak terjadi kerumunan. Selain itu, juga disediakan masker. ” Ada sekitar 2000-an kartu disiapkan. Satu warna (kartu) untuk 30 pemedek per shift” ujar pecalang Made Ketut Oka.

Sementara, Bendesa Adat Manukaya Let I Made Mawi Arnata mengatakan, pemedek yang tangkil sudah diatur sejak dari parkiran. “Jika di utama mandala membludak maka pemedek yang masih diparkiran distop dulu. Namun sampai saat ini tidak sampai membludak seperti enam bulan lalu,”ujarnya.

Dalam proses penglukatan pun dipercepat dengan mengguyur disetiap pancoran hanya dilakukan lima detik. “Persembahyangan sudah dilakukan didepan sebelum pengelukatan, saat melukat hanya tinggal mengguyur saja” ungkapnya. (jay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here