Mas Sumatri Tepikan Gengsi, Ini Harapan ke Mantan Rivalnya di Pilkada Karangasem

0
158
AKRAB : IGA Mas Sumatri salaman dengan I Gede Dana usai rapat paripurna, Kamis (28/1/2021).

KARANGASEM – Sikap Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri patut diteladani. Di tengah kesibukan menuntaskan tugas menjelang akhir masa jabatan, srikandi kelahiran 31 Desember 1967 itu tetap menjaga jalinan kekerabatan ketika ada momentum tepat dengan I Gede Dana, mantan rivalnya di Pilkada Serentak 2020.

Setelah sebelumnya hadir di rapat pleno penetapan pemenang hasil pilkada, Mas Sumatri kembali menghadiri paripurna dengan agenda pengumuman usulan pemberhentian bupati-wakil bupati Karangasem periode 2016-2021, serta pengumuman calon bupati Karangasem 2021-2026 terpilih yang dilaksanakan DPRD Karangasem, Kamis (28/1/2021). Politisi Partai Nasdem itu terlihat berbincang akrab dan memberi ucapan selamat kepada pasangan I Gede Dana-I Wayan Artha Dipa.

“Buat apa saya gengsi, buat apa saya malu hadir ke rapat tersebut. Saya khan masih jalankan tugas. Sebagai abdi negara yang baik harus tunjukkan sikap-sikap disiplin kenegarawanan. Masalah dalam berpolitik menang kalah itu biasa-biasa saja,”ungkap Mas Sumatri saat ditemui selesai rapat Paripurna.

Mas Sumatri menyampaikan harapannya kepada I Gede Dana-I Wayan Artha Dipa untuk terus melanjutkan program-program yang telah dilaksanakannya, seperti program Kartu Karangasem Cerdas (KKC), Universal Healt Coverage (UHC) program Desa Preneur seperti Dewi Nawa Satya yakni pengembangan desa wisata, meningkatkan layanan Mall Pelayanan Publik, serta program makan gratis untuk penunggu pasien Covid-19. “Program ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di Karangasem, utamanya UHC dan KKC, termasuk pengembangan desa wisata. Kami berpesan dan beraharap ini bisa dilanjutkan dan ditingkatkan lagi,” harapnya.

Di sektor pariwisata, Mas Sumatri berharap agar terus berupaya melakukan penataan obyek-obyek wisata di Bumi Lahar, seperti penataan Objek Wisata Candidasa, penataan Pura Besakih, serta penataan perbatasan Yeh Malet yang saat ini justru menjadi destinasi baru yang ramai dikunjungi oleh masyarakat. Juga penataan Taman Jagath Karana di Jalur 11 yang saat ini ramai di pakai untuk rekreasi serta terdapat pertumbuhan ekonomi yang sedang berlangsung di sekitarnya.

Tak kalah pentingnya pengembangan di sektor pertanian dan perkebunan karena menurutnya tidak selamanya PAD Kabupaten Karangasem bisa bergantung pada sektor tambang mineral bukan logam. Sumatri juga berpesan agar Bupati Karangasem yang baru terus fokus dalam penanganan pandemi Covid-19, serta pengentasan kemiskinan.

Selepas menjabat, bupati perempuan pertama di Karangasen itu mengaku akan fokus mengurus keluarga. “Biasa sajalah, saya juga seorang ibu yang pastinya akan fokus mengurus rumah tangga dan keluarga. Selain itu juga usaha-usaha keluarga yang masih kita pertahankan upaya menyambung hidup. Kami tidak lupa dengan kebesaran Tuhan yang sudah memberikan kesehatan keselamatan tiap harinya,” ungkapnya. Bagaimana dengan politik ? “Saya masih tetap terjun di politik sambil belajar dan terus belajar. Kebetulan khan saya terjun di Partai Nasdem,”imbuhnya. (ami)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here