Perlu Kompos, Dapatkan Secara Gratis di TPST Mengwitani

0
592
Kabid Pengelolaan Kebersihan dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Badung, A.A Gede Agung Dalem (tengah) saat serah terima kompos yang diberikan kepada salah satu kelompok tani.

MANGUPURA –  Selain melakukan pemusnahan sampah residu melalui pembakaran incenerator, Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Mengwitani, Kecamatan Mengwi, Badung ternyata telah memproduksi pupuk kompos. Menariknya, masyarakat Badung bisa mendapatkan pupuk kompos ini secara gratis.

Kabid Pengelolaan Kebersihan dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) BadungA.A Gede Agung Dalem menjelaskan, kompos yang diproduksi di TPST Mengwitani berasal dari sampah organik pilihan. “Pertama setelah sampah datang petugas kita melakukan pemilahan. Mana sampah organik dan sampah anorganik kita pisahkan,”ungkap Gung Dalem, Rabu (27/1/2020).

Sampah anorganik atau residu yang tidak bisa didaur ulang langsung diproses melalui incenerator. Sedangkah sampah organik seperti daun-daunan, sayur-mayur dan sampah pasar lainnya, diolah menjadi kompos yang terlebih dahulu dilakukan pencacahan sampah sehingga menjadi ukuran yang lebih kecil. “Untuk busung (janur) atau ceper tidak masuk, karena proses penghacurannya lama,”imbuhnya.

Proses komposting masih berada di kawasan TPST Mengwitani dengan tempat yang sangat repersentatif. Untuk produksi kompos per hari kata Gung Dalem, mencapai 1,5 ton atau kurang lebih 57 zak. Kompos ini ternyata tidak diperjualbelikan. “Kita tidak menjualnya, tapi disalurkan ke kantor-kantor , kelompok tani, termasuk untuk kebutuhan dibidang Taman DLHK. Baru kemarin kita kirim 20 zak ke Kantor Camat Kuta,”terangnya.

Bagi yang berminat kata dia, bisa mengajukan permohonan, dan akan diberikan secara secara cuma-cuma alias gratis. “Yang jelas pemohon harus menggunakan kompos ini, bukan diperjualbelikan kembali,”katanya mengingatkan. (lit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here