Tabanan Siap Terima Vaksin Covid-19, Cool Room Mampu Tampung 100 Ribu Vial

0
56
SIDAK : Kadis Kesehatan cek cool room berkapasitas 100 ribu vial untuk penyimpanan Vaksin Covid-19

TABANAN – Pemerintah pusat mulai mendistribusikan vaksin Covid-19 ke daerah. Tabanan sendiri sudah bersiap untuk menyambut kehadiran vaksin buatan Sinovac tersebut dengan menyiapkan cooroom dengan kapasitas 100 ribu vial sekali simpan. Untuk memastikan kesiapan lokasi penyimpanan vaksin tersebut, ditinjau langsung Kepala Dinas Kesehatan dr. I Nyoman Suratmika di UPTD Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Jalan Hasanudin, Dangin Carik, Tabanan, Senin (04/1/2021).

Dr. I Nyoman Suratmika di sela-sela pengecekan coolroom tersebut, Senin kemarin mengatakan, pihaknya perlu memastikan kesiapan ruang penyimpangan vaksin. Dengan suhu 2-8 derajat celcius coolroom sudah siap menerima dan menampung vaksin Covid-19 Sinovac yang akan segera datang.

“SDM dan Sarpras sudah siap, hanya tinggal menunggu vaksin dan perintah pelaksanaan. Kami sudha siap menerima vaksin dan melakukan vaksinasi,”ucap dr. Suratmika

Coolroom yang dibangun dengan menggunakan pos anggaran penanganan Covid atau Belanja Tak Terduga (BTT) ini merupakan salah satu upaya menjaga agar vaksin tidak mudah rusak. Pasalnya, vaksin harus disimpan di ruang dingin 2-8 derajat Celsius, sehingga kualitasnya akan tetap terjaga. Begitu juga dalam distribusi ke 28 titik, yakni 20 (dua puluh) puskesmas, 2 (dua) Rumah Sakit Pemerintah, 4 (empat) Rumah Sakit Swasta dan di Kodim Rindam Tabanan, suhu vaksin harus terjaga dengan baik.

Di tiap titik layanan tersebut juga telah siap lemari penyimpanan khusus vaksin lengkap dengan alat pemantau suhuya. Saat keluar dari coolroom, vaksin harus cepat dimasukkan ke kotak sementara yang dirancang khusus menjaga temperatur selama perjalanan distribusi ke Puskesmas ataupun rumah sakit.

“Kami akan mengawasi rantai distribusi untuk memastikan mutu vaksin, karena vaksin memerlukan kondisi penyimpanan khusus pada temperatur antara 2-8 derajat Celsius,” jelasnya.

Ditegaskan, kalau ada perubahan suhu, secara otomatis sirine coolroom akan berbunyi. Petugas mendapatkanpesan singkat pemberitahuan langsung di handphone. Temperatur coolroom memang sangat dijaga dan diawasi untuk menjaga kualitas vaksin.

“Jadi listrik tidak boleh pernha padam. Kalau ada pemadaman dari PLN kami sudah siapkan genset, agar coolroom tetap berfungsi,” tegasnya.(jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here