Sidak RSUD dan Dinkes, Dewan Buleleng Cek Kesiapan Vaksinasi Covid-19

0
483
Cek kesiapan Vaksinasi Covid-19, Ketua Dewan Buleleng sidak RSUD dan Dinkes Buleleng

BULELENG – Inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Buleleng di lakukan Ketua DPRD Kabupaten Buleleng, Gede Supriatna. Selain memantau tingkat kehadiran dari Aparatur Sipil Negara (ASN) paska libur Nataru 2021, sidak yang dilakukan bersama dengan Anggota DPRD Provinsi Bali Kadek Setiawan dan Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Buleleng Ni Luh Hesty Ranitasari, juga bertujuan untuk mengecek kesiapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Buleleng.

“Dari hasil sidak yang kami lakukan, tingkat kehadiran ASN paska libur Nataru 2021 sangat baik. Demikian juga terkait kesiapan lembaga kesehatan ini dalam pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Buleleng,” tandas Gede Supriatna, Senin (04/1/2021) usai melaksanakan sidak di RSUD Kabupaten Buleleng.

Terkait pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, kata Supriatna, Dinkes Kabupaten Buleleng bersama seluruh jajaran ditingkat Puskesmas sudah melakukan persiapan baik sarana prasarana maupun sumber daya manusia (SDM).

“Termasuk kesiapan tempat untuk penyimpanan vaksin yang hingga hari ini belum tiba di Buleleng. Tempatnya di Depo Farmasi Dinkes Buleleng, Jalan Serma Karma Bhaktiseraga, sudah disiapkan dan bahkan sudah dua kali disurvey oleh tim vaksinasi dari pusat, tinggal menunggu kedatangan vaksin,” tegasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Dirut RSUD Buleleng, dokter Putu Arya Nugraha menyatakan, secara regulasi, dalam pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, RSUD Buleleng mendapat tugas sebagai fasilitas kesehatan bagi pasien yang mengalami dampak kesehatan akibat vaksinasi.

“Kami bertugas sebagai fasilitas kesehatan pendukung, khusus menangani pasien yang mengalami gejala gangguan kesehatan akibat vaksinasi. Karena memang, tidak semua orang memiliki tubuh yang bisa langsung beradaptasi dengan vaksin yang disuntikkan,” terangnya.

Sehingga bagi orang yang mengalami gejala penyakit lain setelah vaksinasi, langsung dirujuk ke RSUD Buleleng untuk mendapatkan penanganan kesehatan lebih lanjut.

“RSUD Buleleng memiliki dan sudah menyiapkan dokter untuk penanganan berbagai macam penyakit,” pungkasnya. (kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here