Kunti II Diterjang Banjir, BWSBP Curiga Drainase, PUPR Tuding Pipa Utilitas

0
47
BANJIR : Pengendara menerobos genangan air di Kunti II, Kelurahan Seminyak, Kuta.

BADUNG – Jalan Kunti II, Kelurahan Seminyak, Kuta, kembali diterjang banjir, Senin (4/1/2021). Genangan air mengakibatkan arus lalu lintas terganggu.

Pelaksana Teknis Sungai Pantai I Balai Wilayah Sungai Bali Penida (BWSBP) Nyoman Sugiartana meyakini penyebab banjir bukan karena kegagalan sistem yang dibangun pihaknya beberapa tahun lalu. Sebab, berdasarkan pemantauan yang dilakukan, alur Tukad Mati masih berpeluang menampung air hujan. Begitu pula Pangkung Kedampang yang merupakan alur distribusi air hujan dari drainase Jalan Kunti II menuju Tukad Mati. “Kondisi pompa kita tidak masalah. Alur Pangkung Kedampang juga tidak masalah. Penampang kita juga masih mampu menampung air hujan ketika itu,” ujarnya melalui telepon.

Masih mampunya Tukad Mati menampung air hujan, kata Sugiartana, ditandai dengan belum tertutupnya pintu air Pangkung Kedampang menuju Tukad Mati. Begitu juga pompa pendorong di Pangkung Kedampang belum menyala ketika menerima buangan air hujan dari drainase Jalan Kunti II. “Pompa tersebut akan menyala secara otomatis begitu debit air mencapai level tertentu,”jelasnya.

Sugiartana memperkirakan banjir di Jalan Kunti II akibat kondisi drainase yang tidak bisa secara maksimal mengalirkan air hujan menuju Pangkung Kedampang untuk kemudian diteruskan ke Tukad Mati. “Hal itu sudah kami koordinasikan ke Pemkab Badung. Karena itu menyangkut jalan, mungkin bisa dikonfirmasi langsung ke Dinas PUPR Badung,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Badung Gusti Ngurah Made Suardika mengatakan, melubernya air ke badan Jalan Kunti II itu diakibatkan oleh besarnya debit air dan terhalang oleh adanya sejumlah pipa yang melintang di Pangkung Kedampang. “ Kami masih koordinasikan ke group utilitas terkait keberadaan pipa tersebut,” ujarnya singkat via pesan WhatsApp sembari mengirim sejumlah foto dari pipa dimaksud. (adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here