Tim Gabungan Amankan Misa Natal di Tabanan

0
53
KHIDMAT : Pelaksanaan misa Natal di geraja Santa Maria Immacullata Tabanan berjalan mana lancar dan khidmat dengan protokol kesehatan yang ketat dijaga aparat gabungan

TABANAN – Tim Gabungan dari unsur Polri, TNI, serta Dinas Perhubungan Tabanan menjaga ketat pelaksanaan Ekaristi  (misan natal) di Gereja Santa Maria Immacullata Tabanan di Desa Dajan Peken, Jumat (25/12/2020). Selain pengamanan, juga memastikan agar penerapan protokol kesehatan berjalan dengan baik. Bahkan prosesi misa Natal di gereja ini dan geraja lainnya ditinjau langsung Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy PS Siregar bersama Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf. Toni Sri Hartanto

Dalam perayaan Natal tahun 2020 ini, gereja melakukan pembatasan jumlah umat yang datang ke gereja. Pihak Gereja juga tak memperkenankan anak usia 12 tahun ke bawah serta orang tua 60 tahun ke atas datang ke gereja. Mereka disarankan untuk mengikuti misa natal secara daring atau live streaming.

Ketua Satgas Covid-19 Gereja Santa Maria Immacullata, Paskalis mengatakan, pengetatan protokol kesehatan tersebut dilaksanakan untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tabanan. Di Gereja Santa Maria Immacullata Tabanan ini, Umat yang akan melaksanakan Misa diperkenankan masuk Gereja hanya 300 orang dari kapasitas Gereja 600 orang.

Sebelum pelaksanaannya Ekaristi, kata Paskalis, seluruh umat yang datang menerapkan protokol secara ketat mulai dari cuci tangan, menyerahkan kartu Misa, selanjutnya umat akan mendapat nomor tempat duduk untuk mengikuti Misa. Setelah itu dilakukan pemeriksaan barang bawaan baru dilanjutkan dengan pengecekan suhu tubuh. Setelah melewati tahapan tersebut baru bisa mengikuti Misa Natal.

“Semua protokol kesehatan sudah dilaksanakan dengan baik dan benar. Kami harap pengetatan ini bisa mencegah peningkatan penyebaran di Tabanan,” harap Paskalis.

Dia menyebutkan, pembatasan jumlah umat juga dilakukan 50 persen atau sebanyak 300 umat saja dari total kapasitas gereja sebanyak 600 orang. Meskipun mempersiapkan sebanyak 300 tempat duduk, umat yang datang juga lebih sedikit atau tak mencapai tiga ratus orang.  

Selain itu, tak memperkenankan anak usia 12 tahun ke bawah serta orang tua 60 tahun ke atas datang ke gereja. Mereka disarankan untuk mengikuti misa natal secara daring atau live streaming.

“Untuk Natal tahun ini kita laksanakan Misa sebanyak tiga kali. Untuk live streaming akaan dilaksanakan pada Misa ke-tiga nanti sore pukul 18.00 WITA,” ucapnya.

Secara umum pelaksanaan Misa Natal dibeberapa Gereja di tabana termasuk geraja Immanuel di kediri serta gereja Pante Kosta di jalan mawar, Tabanan. Begitupun gereka lainnya yang ada di wilayah Tabanan. (Jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here