PUPR Uji Coba Spider untuk Tangani Sedimentasi Tukad Mati

0
61
UJI COBA : Alat berat Spider diuji coba sebelum dipakai menangani sedimentasi Tukad Mati.

BADUNG – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Badung melakukan uji coba alat berat baru jenis Spider di atas lahan kosong selatan Central Parkir Kuta, Kamis (10/12/2020).

Kepala Dinas PUPR Badung IB Surya Suamba yang ditemui di lokasi menuturkan, alat berat tersebut tiba, Rabu (9/12/2020) malam dan diharapkan bisa segera difungsikan untuk menangani permasalahan sedimentasi di Tukad Mati.

Ia meyakini penggunaan Spider itu akan jauh lebih memudahkan pelaksanaan pengangkatan sedimentasi. Sebab, dari teknologi yang dimiliki, alat berat tersebut dapat bergerak lebih lincah ketimbang alat berat biasa, termasuk kemampuan mengeksekusi pekerjaan pada bidang tanah yang miring sekalipun. “Untuk membantu pembersihan sedimentasi di Tukad Mati, Spider ini juga dilengkapi dredging pump. Itu semacam alat penyedot lumpur sedimentasi untuk kemudian diteruskan ke truk angkut,” ucapnya sembari menyebut mengenai Spider dan dredging pump yang nilai kontraknya mencapai Rp 6,8 miliar.

Selain itu, PUPR Badung juga mendatangkan dua unit alat berat Amfibi berukuran kecil karena Ambfibi besar kondisinya rusak. Pengadaan Spider maupun Amfibi menggunakan dana hibah pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). “Amfibi ini masih belum datang karena keduanya masih dalam perjalanan. Nanti setelah tiba, salah satunya akan kami gunakan untuk menangani sedimentasi di alur Tukad Mati antara Trash Rack dengan Jembatan Naga di Legian. Sementara satunya lagi, dari Jembatan Naga ke selatan. Sedangkan untuk di muara, kami akan gunakan Amfibi besar yang sudah ada,” ujar Suamba sembari menambahkan nilai kontrak pemanfaatan dua Amfibi senilai Rp 7,1 miliar. (adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here