Atasi Krisis Air di Lembongan, Bupati Suwirta Tanda Tangani MoU Pengelolaan Air Laut Jadi Air Minum

0
148
Bupati Kkungkung I Nyoman Suwirta tanda tangani kerja sama dengan Kementerian PUPR terkait optimalisasi SPAM SWRO di Lembongan

KLUNGKUNG- Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menjalin kerja sama dengan Direktorat Air Minum Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Kerja sama ini menyangkut optimalisasi penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) di Nusa Lembongan, Kabupaten Klungkung.

Kerja sama ini ditandai dengan penanda tanganan nota kesepahaman (MoU) antara Bupati I Nyoman Suwirta dengan
Kasubdit Wilayah III Direktorat Air Minum, Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Ade Syaiful Rachman Jumat (27/11/2020) di Kantor Bupati Klungkung.

SPAM SWRO Nusa Lembongan merupakan kegiatan sistem penyediaan air minum dengan memanfaatkan teknologi mengolah air laut menjadi air minum dengan kapasitas 5 liter per detik.

Tujuan kerja sama ini untuk melaksanakan percepatan pembangunan dan pengelolaan pelayanan SPAM di Kabupaten Klungkung untuk memenuhi kebutuhan air minum, mewujudkan pelayanan air minum yang memenuhi persyaratan kualitas, kuantitas dan kontinuitas di Kabupaten Klungkung dan mendukung pencapaian peningkatan cakupan pelayanan air minum di Kabupaten Klungkung.

SPAM SWRO ini nantinya akan dimanfaatkan untuk warga Pulau Nusa Ceningan dan Pulau Nusa Lembongan dengan target jumlah sambungan rumah sebanyak 500 sambungan rumah.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengharapkan dengan dikelolanya SWRO oleh Pemkab Klungkung melalui penandatangan nota kesepahaman ini, masyarakat Nusa Penida dapat menikmati pelayanan air minum.

“Saya akan melakukan langkah-langkah pengoptimalan SWRO tersebut agar masyarakat Nusa lembongan dan Ceningan dapat memperoleh layanan air minum,” tandas Bupati I Nyoman Suwirta.

Terkait pelayanan air bersih di Kabupaten Klungkung, Bupati Suwirta beserta jajarannya  sudah menyiapkan proposal Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), dengan harapan melalui pinjaman Program PEN tersebut, masyarakat di Klungkung bisa mendapatkan pelayanan air bersih yang maksimal.

Ade Syaiful Rachman menyampaikan Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bali memberikan dukungan dalam hal penyusunan dokumen perencanaan Detail Engineering Design (DED) serta pelaksanaan konstruksi fisik yang akan dilaksanakan pada tahun 2021. Hal ini menurutnya sebagai bentuk komitmen dukungan Pemerintah Pusat terhadap terlaksananya penyelenggaraan SPAM di Pulau Nusa Lembongan Kabupaten Klungkung.

“Optimalisasi SPAM SWRO Lembongan sudah ditenderkan oleh pihak Kementerian PUPR RI,” ungkap Ade Syaiful Rachman. (yan/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here