Didampingi Ide Cokorde Tabanan, Sabhantara Pekaseh Tabanan Siap Menangkan Jaya Wira

0
38
Pekaseh se Tabanan siap memenangkan paket jaya wira yang didampingi Ide Cokorde Anglurah Tabanan

TABANAN – Amunisi pasangan calon (paslon) Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE,MM – I Made Edi Wirawan (Jaya-Wira) semakin bertambah besar dengan adanya dukungan dari Ide Cokorde Anglurah Tabanan yang memfasilitasi temu wirasa dengan sabhantara Pekaseh se Tabanan di Puri Agung Tabanan, Jumat (13/11/2020). Para pekaseh yang tergabung dalam Sabhantara Pekaseh se Tabanan menyatakan mendukung dan siap memenangkan Paket Jaya Wira dalam Pilkada 9 Desember mendatang.

Dalam kegiatan yang bertempat di bencingah Puri Agung Tabanan, lima puluh pekaseh perwakilan 236 pakaseh subak basah se Tabanan metemu wirasa (simakrama) dengan Calon Bupati Komang Gede Sanjaya yang didampingi Ide Cokorde Anglurah Tabanan. Ketua Sabhantara Pekaseh Tabanan I Wayan Pugeh pada kesempatan tersebut mengatakan, organisasi Sabhantara pekaseh hanya ada di Tabanan beranggotakan 236 pekaseh subak basah. Namun dengan adanya pandemi Covid-19, setiap kecamatan hanya diwakili lima orang pekaseh. Dikatakan Sabhnatara Pekaseh se Tabanan mendukung Paket Jaya Wira karena melihat sosok Calon Bupati Komang Gede Sanjaya yang sangat peduli dan konsen dengan pertanian.

“Kami dari Sabhatara pekaseh se Tabanan mendukung Paket Jaya Wira,” katanya.

Dikatakan, dukungan ini sudah kesepakatan bersama dan sudah disampaikan kepada seluruh pekaseh se Tabanan. Dia melihat sosoak Komang Gede Sanjaya akan mampu membawa pertanian Tabanan lebih maju. Namun demikian ada beberapa permasalahan yang dihadapi petani di Tabanan seperti hama tikus. Pihaknya berharap program mreteka atau ngaben tikus yang yang direncanakan tahun 2021 agar dapat diwujudkan. Selain itu, berharap pemerintah Jaya Wira nantinya memperhatikan para pekaseh. Pasalnya di tahun 2020 pekaseh tidak mendapatkan insentif karena anggaran disisir untuk penanagan Covid-19. Pihaknya berharap di tahun 2021 mendatang pemerintah memperhatikan nasib para pekaseh.

“Mohon sabhantara dibantu dan anggaran tidak disisir. Meski tidak ada insentif, pekaseh tetap negayah untuk kemajuan pertanian dan petani Tabanan,” ungkap Pekaseh subak Gede Lokapala, Bongan, Tabanan ini.

Hal senada disampaikan bendahara Sabhantara Pekaseh Tabanan I Made Pedra. Pedra yang juga pekaseh Subak Nyitdah III, Kediri ini juga menyatakan kalau seluruh pekaseh se Tabanan yang tergabung dalam Sabhantara pekaseh mendukung dan siap memenangkan paket Jaya Wira. Pihaknya berharap dengan nanti telah terpilih sebagai bupati, pihaknya berharap Komang Gede Sanjaya bisa membantu petani termasuk pekaseh dan organisasi sabhantara pekaseh.

Diakui, saat pandemi ini, para poetani terutama petani sayur mayur sangat terpukul. Pasalnya, harga sayur mayur anjlok. Produksi di petani melimpah sementara serapan pasar rendah dengan matinya pariwisata. Meski untuk padi atau gabah, harga tetap menguntungkan. “Kedepan kami berharap pemerintah mampu menyerap produk hasil petani sehingga petani tidak merugi,” harapnya.

Ide Cokorde Anglurah Tabanan mendampingi calon bupati I Komang Gede Sanjaya saat menerima dukungan pekaseh se Tabanan

Sementara itu calon bupati Komang Gede Sanjaya mengucapkan terima atas dukunganpara pekaseha pada paket Jaya Wira. Pada kesempatah tersebut Sanjaya kembali mengucapkan terima kasih yang luar biasa atas dukungan Ide Cokorde Aglurah Tabanan untuk memenangkan paket Jaya Wira dan Puri Agung tabanan menjadi posko pemenangan paket Jaya Wira. Sanjaya yang disampingi sejumlah tim kampanye mengaku sangat konsen dengan sektor pertanian. Pihaknya telah berdiskusi dan minta masukan pada pakar pertanian termasuk dari sesepuh Sabhantara Pekaseh, cara memajukan pertanian Tabanan.

“Kalau soal bantuan untuk pertanian termasuk sabhantara pekaseh bukan hal yang berat. Itu pasti bisa diwujudkan. Pertanian menjadi prioritas pembangunan Tabanan. Terima kasih atas dukungannya,” katanya. (jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here