Dituntut 3 Tahun Penjara, Jerinx SID Luapkan Emosi

0
40
TUNTUTAN : Terdakwa I Gede Ari Astina alias Jerinx SID jalani sidang tuntutan.

DENPASAR – Terdakwa kasus “IDI Kacung WHO” I Gede Ari Astina alias Jerinx SID  memperlihatkan muka masam begitu ketua majelis hakim Ida Ayu Adnya Dewi menutup persidangan, Selasa (3/11/2020).

Jerinx terlihat kecewa setelah jaksa penuntut umum (JPU) dikoordinir   Otong Hendra Rahayu menuntutnya tiga tahun penjara karena dinilai  terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45A ayat (2) UU Nomor 19/2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Selain tuntutan pidana tiga tahun penjara, JPU juga mengajukan pidana denda sebesar Rp 10 juta subsider tiga bulan kurungan. Dalam sidang hampir dua jam, JPU menguraikan perbuatan terdakwa yang memenuhi unsur dalam dakwaan terutama penggunaan kata “kacung” yang dinilai adalah frasa yang tidak sopan. “Kata kacung merendahkan, apalagi untuk profesi dokter,” ujar JPU.

Sedangkan pertimbangan meringankan, terdakwa belum pernah dihukum, mengakui perbuatannya dan usia terdakwa masih muda sehingga masih bisa dibina.

Selesai sidang, drummer kelahiran Kuta itu meluapkan kekecewaannya saat diwawancarai wartawan. Terdakwa menuding ada pihak yang ingin memenjarakannya. “JPU menuntut saya tiga tahun penjara. Makin lucu saya melihatnya. Padahal dari IDI pusat dan IDI Bali bilang tak ingin mempenjarakan saya. Saya ingin tahu dan bertemu dengan orang yang ingin mempenjarakan dan memisahkan saya dan istri. Liatkan mukamu, saya tantang di sidang nanti,” ucapnya dengan nada tinggi. Nora Alexandra yang berada di sampingnya berusaha menenangkan Jerinx dengan mengelus dadanya. (dum)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here