Kadin Diminta Jadi Penggerak Sektor UMKM

0
58
GERAKKAN UMKM : Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana meminta anggota Kadin jadi penggerak sektor UMKM

BULELENG – Audensi pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Buleleng, tidak hanya di manfaatkan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana untuk berdiskusi, sharing tentang peranan dari organisasi pengusaha dalam menggerakkan perekonomian ditengah Pandemi Covid-19. Momentum pertemuan dengan para praktisi usaha, juga dimanfaatkan Bupati Suradnyana untuk mendorong pengusaha yang tergabung dalam Kadin untuk mulai menggerakkan sektor usaha, terutama Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Saya mengapresiasi semangat teman-teman di Kadin sekaligus mendorong pelaku UMKM agar tetap semangat dan optimistis, terus berkarya, berproduksi dan berinovasi, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” tandas Bupati Suradnyana, Sabtu (24/10/2020) pada audensi Kadin yang dirangkaikan dengan kegiatan ramah tamah Forum Komunikasi Pengusaha Kabupaten Buleleng di Rumah Jabatan Kantor Bupati Buleleng.

Pandemi Covid-19, kata Suradnyana, memberikan dampak terhadap sektor sosial dan juga ekonomi. “Segala jenis usaha baik jasa maupun produksi mengalami penurunan pendapatan, sehingga banyak warga masyarakat menjadi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah untuk bisa bertahan hidup. Kondisi ini membuat pemerintah merasa prihatin dan terus berupaya melakukan percepatan pemulihan ekonomi,” ujarnya.

Upaya bertahan hidup dengan UMKM, patut diapresiasi sebagai sikap optimisme masyarakat dalam menghadapi Pandemi Covid-19 yang wajib mendapat perhatian dan dukungan.”Saya optimis, para pelaku UMKM di Buleleng dapat melewati berbagai tantangan, termasuk Pandemi Covid-19. Tentu, harus mendapatkan dukungan semua pihak, termasuk Kadin sehingga pelaku UMKM, Kadin dan pemerintah bisa bersinergi, saling bahu membahu menggerakkan perekonomian rakyat, agar tetap bisa menggeliat,” tandasnya.

Suradnyana yang mengaku bangga melihat kekompakan praktisi bisnis usaha di Kabupaten Buleleng berharap, Kadin Buleleng menjadi penggerak dalam upaya pemulihan sekaligus menumbuhkan kembali perekonomian masyarakat.

“Kadin memiliki peran penting, bertugas menjadi sarana penghubung antara pelaku UMKM dengan pemerintah, sehingga para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Buleleng bisa terus berinovasi,” tandasnya. (kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here