Disurvey Undiksha, Ini IKM Terhadap Si-Poleng Ngayah

0
68

BULELENG – Salah satu program yang dilaksanakan Polres Buleleng yakni ‘Si Poleng Ngayah’ mendapatkan perhatian khusus Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja. Selain langsung menyasar warga masyarakat yang membutuhkan pelayanan, pengayoman dan perlindungan, Si Poleng Ngayah yang memiliki makna ‘Polisi Buleleng Ngayah’ juga dilakukan seluruh jajaran serta wilayah Polres Buleleng.

“Program Si Poleng Ngayah sangat menarik dan kami apresiasi sebagai inovasi luar biasa, sehingga kami melakukan survey Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) dan hasinya sangat baik,” ungkap Rektor Undiksha Singaraja, I Nyoman Jampel, Kamis (22/10/2020) saat memaparkan hasil survey di Ruang Comand Center Polres Buleleng.


Nilai sangat baik tersebut, kata Jampel, merupakan hasil survey IKM yang dilakukan dengan sistem kuesioner, meliputi 9 indikator serta variabel terkait persyaratan, prosedur, waktu penyelesaian, biaya/tarif, spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, prilaku pelaksana, penanganan pengaduan serta sarana dan prasarana.

“Penilaian dilakukan berdasarkan rumus slovin dengan akurasi 85 % terhadap survey yang didahului persiapan, pelaksanaan, pengolahan serta analisis data dan pelaporan terhadap 531 responden,” jelasnya.

Dari 9 indikator, 3 diantaranya dinilai baik yakni biaya/tarif, penanganan pengaduan dan sarana prasarana.

“Dan enam indikator dinilai sangat baik, sehingga skor IKM Si Poleng Ngayah mencapai 84,04 katagori sangat baik,” tegasnya.

Berdasarkan hasil survey tersebut, menurut Jampel, kesan masyarakat terhadap program Si Poleng Ngayah ini, pertama pelayanan sangat bagus baik persyaratan maupun kesopanan petugas dalam memberikan pelayanan. Kedua, program sangat tepat dilakukan pada masa pandemic.

“Dan yang ketiga, sangat membantu masyarakat yang jauh dari kota sehingga tidak harus ke Polres untuk mengurus administrasi pelayanan perpanjangan SIM C dan A, penerbitan SKCK ( Surat Keterangan Catatan Kepolisian ), Penerbitan Sidik Jari, Perpanjangan STNK dan Penerimaan Laporan Pengaduan Kehilangan Barang,”urainya.

Dari survey juga ada 6 saran dari masyarakat antara lain agar informasinya lebih luas, jam pelayanan diperpanjang dan penurunan tarif salama pandemic.


Menyikapi hasil survey tersebut, Kapolres Buleleng AKBP I Made Sinar Subawa menyatakan terimakasih dan mengapresiasi hasil survie yang dilaksanakan Tim Undiksha sebagai bentuk penilaian ilmiah terhadap program Si Poleng Ngayah.

“Dengan nilai sangat baik ini, tentu program Si Disurvey Undiksha, Ini IKM Terhadap Si-Poleng NgayahNgayah akan dilanjutkan dan terus disempurnakan sehingga program pelayanan Si Poleng Ngayah menjadi lebih baik,” tandasnya.

Pelaksanaan program Si Poleng Ngayah, merupakan bagian dari pencanganan Zona Integritas Polres Buleleng dimana salah satunya dinilai adalah tentang pelayanan terhadap masyarakat.

“Secara internal sudah memenuhi syarat untuk diajukan ke Kementrian Menpan-RB, untuk penilaian WBK Polres Buleleng,” pungkasnya.(kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here