Badung Verifikasi Calon Penerima Hibah Pariwisata

0
77

MANGUPURA – Kicipratan dana stimulus untuk pelaku pariwisata, Pemkab Badung melalui Dinas Pariwisata (Dispar) langsung tancap gas. Dispar yang telah membenuk Tim Verifikasi langsung melakukan verifikasi terhadap hotel dan restoran calon penerima bantuan hibah pariwisata. Tim verifikasi memiliki waktu sebelum tanggal 30 Oktober 2020 untuk melakukan verifikasi, karena sebelum tanggal tersebut data sudah harus dikirim ke pemerintah pusat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Badung Cokorda Raka Darmawan, Kamis (22/10/2020) menjelaskan, dalam melakukan verifikasi pihaknya berpedoman pada petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petujunjuk teknis (juknis) langsung dari pemerintah pusat. Salah satu syarat utama yang dipenuhi adalah Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) calon penerima masih berlaku.

“Calon penerima bantuan hibah juga wajib telah melaksanakan protokol kesehatan (prokes). Tak kalah penting adalah tidak sedang nunggak paja,”imbuhnya. Mengenai persyaratan calon penerima tidak boleh nunggak hutang, menurut Cok Darmawan adalah salah satu syarat dalam proses verifikasi. “Jadi hotel dan restoran calon penerima bantuan tidak boleh nunggak pajak,” tegasnya.

Disinggung penggunaan bantuan hibah pariwisata tersebut, birokrat asal Gianyar itu mengatakan sepenuhnya untuk operasional hotel dan restoran. “Arahan dari pemerintah bisa digunakan untuk opersional. Apa saja tentu mereka yang tahu, misalnya bayar listrik, bayar pegawai, kan itu semua operasional,” katanya. Sebelumnya diberikan, pemerintah pusat memberikan kucuran dana stimulus atau hibah untuk pariwisata sebesar Rp 948.006.720.000 kepada Pemkab Badung. (lit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here