Sidang “IDI Kacung WHO” Hadirkan Empat Saksi Ahli

0
48
Ahli Tata Bahasa Wahyu Aji Wibowo dihadirkan dalam sidang dugaan ujaran kebencian dengan terdakwa I Gede Ari Astina alias Jerinx SID.

DENPASAR –   Sidang kasus dugaan ujaran kebencian dengan terdakwa I Gede Ari Astina alias Jerinx SID secara tatap muka kembali dilanjutkan  di ruang Cakra Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Kamis (15/10/2020).

Pada sidang dipimpin majelis hakim Ida Ayu Adnya Dewi, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menghadirkan empat orang saksi ahli yaitu ahli tata bahasa Wahyu Aji Wibowo, ahli hukum pidana Gusti Ketut Ariawan, ahli IT (media sosial) Gede Sastrawangsa dan ahli digital forensik Made Dwi Aritanaya.

Saksi Wahyu Aji Wibowo yang mengawali memberikan pendapat diragukan  oleh penasihat hukum terdakwa, I Wayan Gendo Suardana dkk karena  latar belakang pendidikannya seorang ahli Bahasa Inggris. Namun, hakim Ida Ayu Adnya Dewi tetap meminta saksi melanjutkan pendapatnya karena dianggap ahli dalam bidang tata bahasa di tempatnya bertugas. Lebih dari satu jam lamanya, JPU maupun penasihat hukum mencerca pertanyaan terkait ungkapan kata “Kacung”.

Wahyu Aji Wibowo secara tegas menyampaikan bahwa kata “Kacung” memiliki arti sebagai pelayan atau pesuruh. “Apakah ungkapan kata Kacung WHO yang mana IDI bukan bagian dari bawahan WHO namun dalam kalimat tersebut disebutkan sebagai kacungnya WHO, apakah itu penghinaan, pencemaran ataukah sebagai ungkapan kebencian ?,” tanya Gendo.

Wahyu menyampaikan, apa yang dipertanyakan itu tergantung sebagaimana yang  dirasakan pihak IDI. “Tergantung dari pihak yang disebutkan, dalam hal ini yang disebutkan adalah IDI,” jawabnya.

Hal lainnya juga dipertegas soal laporan yang diperintahkan dengan kata merasa dihinakan atau dicemarkan. Namun, saat tertuang dalam laporan justru tertulis kata  ujaran kebencian. Terkait hal itu, saksi ahli hukum pidana Gusti Ketut Ariawan menegaskan, penyidik dalam menerima laporan tidak boleh melebihi atau menuliskan hal yang tidak sesuai dengan apa yang dilaporkan. (wat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here