Kedua Paslon Sepakat dengan Desain Surat Suara

0
36

Pleno KPU Tabanan tetapkan desain surat suara yang sudah disepakati kedua Paslon

TABANAN – Waktu pencoblosan Pilkada serentak sudah semakin dekat. Berbagai persiapan terus dilakukan KPU Tabanan. Selasa (13/10/2020), KPU Tabanan menggelar rapat pleno persetujuan desain surat suara yang akan dipakai saat pencoblosan. Kedua Paslon sudah sepakat dengan desain yang disetting KPU RI untuk selanjutnya dicetak.

Ketua KPU Tabanan I Gede Putu Weda Subawa mengatakan, pihaknya menggelar pleno penetapan desain surat suara di tengah kesibukan para calon melakukan kampanye. Namun demikian, persetujuan Paslon terhadap desain surat suara harus dilakukan dalam rapat pleno. “Kedua Paslon sudah sepakat dengan desain surat suara,” kata Weda Subawa.

Dikatakan , desain surat suara di setting KPU RI dan dilengkapi dengan microtech sehingga sulit untuk dilakukan peniruan atau pemalsuan surat suara. Dengan adanya microtech tersebut surat suara disi kode-kode tertentu untuk pengaman surat suara sehingga sulit untuk ditiru. “Setingan surat suara dilakukan KPU RI dengan microtech sebagai pengaman,” jelasnya.

Terkait pencetakan, Weda Subawa mengungkapkan, dengan telah disepakatinya desain surat suara oleh Paslon, maka pihaknya siap untuk melakukan pencetakan. Hanya saja kata Weda, saat ini masih dilakukan lelang rekanan yang dilakukan KPU RI. Nantinya setelah ditentukan pemenang lelang, maka akan dilakukan pencetakan surat suara. “Pencetak surat suara dilakukan rekanan pemenang lelang yang digelar KPU pusat dan kami di daerah yang membayar,” sebutnya.

Lanjut Weda, untuk jumlah surat suara yang dicetak, pihaknya belum bisa menentukan angka pasti. Sesuai aturan, surat suara dicetak berdasarkan daftar pemilih tetap ditambah 2,5 persen. Jumlah surat suara baru akan diketahui setelah pihaknya memplenokan daftar pemilih tetap (DPT). “Aturannya, surat suara dicetak sesuai DPT ditambah 2,5 persen. Kami belum menetapkan DPT, jadi belum diketahui jumlah pastinya,” pungkasnya. (jon) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here