Disdikpora Buleleng Siapkan Wifi Belajar Bantu Siswa Belajar Daring

0
62
Kadisdik Astika

BULELENG – Pembuatan pojok wifi belajar (PWB) oleh Sekretaraiat DPRD Kabupaten Buleleng tak hanya mendapat apresiasi dari Wakil Bupati (Wabup) Buleleng I Nyoman Sutjidra. PWB yang digagas Ketua DPRD Kabupaten Buleleng Gede Supriatna juga mendapat sambutan dan apresiasi Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Buleleng.

“Praktek baik yang telah dilakukan sekretariat dewan, membuat pojok wifi belajar pada areal Gedung DPRD Kabupaten Buleleng kami apresiasi sebagai bentuk dukungan riil wakil rakyat terhadap kemerdekaan belajar bagi anak-anak usai belajar pada masa pandemi Covid-19,” tandas Kadisdikpora Kabupaten Buleleng, I Made Astika, Selasa (7/10/2020).

Pemanfaataan hotspot wifi belajar, kata Astika, sudah diterapkan dan dikembangkan Disdikpora Kabupaten Buleleng sejak pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) tahun ajaran 2020/2021 di seluruh sekolah baik PAUD, SD, SMP sederajat yang ada di Kabupaten Buleleng.

“Namun, karena keterbatasan akses jaringan internet, pelaksanaan proses belajar mengajar dengan sistem daring, belum maksimal dilakukan pada sejumlah sekolah,” ungkapnya.

Astika mengajak satuan tugas pendidikan untuk melengkapi sekolah dengan hotspot. Karena, menurut Astika, hanya dengan melengkapi hotspot disekolah, siswa yang kesulitan mendapat jaringan internet untuk belajar daring dapat dibantu.

Dengan bantuan hotspot sekolah ini, 32.000 siswa yang tidak dapat/kesulitan akses internet bisa terbantu untuk mengikuti belajar mengajar sistem daring.

“Kami juga akan bersinergi dengan DPMD dan Dinas Kominfo untuk penyediaan fasilitas internet atau program internet, sehingga dapat membantu pendidikan sistem daring bagi peserta didik, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” kata Astika

Kepala DPMD Kabupaten Buleleng Nyoman Agus Jaya Sumpena menyatakan dukungan dan mengapresiasi pemafaatan fasilitas internet yang ada pada seluruh desa/kelurahan dan organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Buleleng untuk belajar, sebagai wujud sinergitas seluruh komponen dalam upaya mencerdaskan generasi muda.

Mantan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran ini berharap, pembukaan Wifi Belajar pada setiap kantor desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Buleleng dapat dimanfaatkan oleh pelajar untuk mengikuti pembelajaran secara daring dan tetap sehat di masa pandemi Covid-19. (kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here