DenpasarHiburan

Cerpen  “Sebab Cinta” Kadek Purnami Terbit Ulang, Juga Dibuat Audiobook

DENPASAR – Buku kumpulan cerpen “Sebab Cinta” karya Kadek Purnami kembali diterbitkan ulang setelah cetakan pertama yang terbit tahun 2012 dengan edisi terbatas.

Selain dicetak dalam bentuk buku berisi 12 karya cerpen dan satu prolog, juga digarap dalam bentuk audiobook. Buku ini bertemakan tentang kehidupan yang dibalut dalam kisah romansa, mimpi, harapan, keputusasaan, derita dan kontemplasi. Tak hanya itu, cerita dalam buku  juga mengangkat tema-tema berlatar belakang budaya dan tradisi Bali yang kuat.

Sejumlah tokoh sastra memberi apresiasi terhadap karya Kadek Purnami. Salah seorang diantaranya penulis sekaligus pengamat seni Seno Gumira Ajidarma. “Tidak usah malu menjadi melankolis tapi bukan hanya melankoli yang terdapat pada kumpulan cerita pendek ini melainkan empati kepada sosok-sosok yang tidak beruntung dalam hidup, twist di akhir cerita tampak sebagai ciri tetapi realis menyala yang memberi konotasi dengan kecermatan feminin yang peduli kerincian pada konvensi hubungan romantik. Sungguh perlu memperhatikan Buku Sebab Cintaini dalam pembermaknaan pengalaman orang-orang biasayang sepintas lalu sepele saja di sekitar kita karena telah menjadi berharga,”kata Seno Gumira Ajidarma.

BACA JUGA:   Arus Penumpang di Pelabuhan Gilimanuk H+3 Capai 577.430

Segendang sepenarian, pegiat teater Happy Salma juga menyambut baik dan menilai cerpen ini memberi pemahaman tentang Bali. “Kumpulan cerita pendek karya Kadek Purnami ini membawa saya pada pengalaman yang tak terduga. Begitu pandainya Kadek Purnami membuat sesuatu yang sederhana menjadi njelimet dan bahkan nyata seperti kejadian sehari-hari pun terasa di tulis dengan penuh perasaan yang tercurah. Cerpen-cerpen ini membuat saya jadi mengenal Bali lebih mendalam. Bahkan lebih dari itu, lembaran pengantar saja sudah cukup mengusik keharuan, kejujuran terasa di sana,” ucap Happy Salma.

Ia meyakinkan setelah membaca Sebab Cinta karya Kadek Purnami. “Semakin jelaslah sudah, dia salah satu penulis muda di Bali yang saya sukai,” tandasnya.

Hadir dengan wajah sampul yang baru buku ini diberi kesan kekinian dari yang sebelumnya oleh penerbit asal Yogyakarta Indie Book Corner. Selain itu, buku Sebab Cinta ini juga ilustrasi lukisan pada setiap cerpennya yang menambah sisi artistik. Pada tahun yang sama selain buku ini terbit ulang buku Sebab Cinta ini juga dibuat        versi alih wahana menjadi buku suara oleh audiobookportal.com.

BACA JUGA:   112 Guru PAUD di Kota Denpasar Ikuti Workshop Kompetensi

Dalam buku tersebut, seluruh ceritanya dituturkan langsung oleh penulis dengan iringan musik yang dengan berbagai musisi. “Saya merasa senang buku ini bisa terbit ulang dan juga sekaligus hadir bentuk alih wahana buku suara sehingga karya buku Sebab Cinta ini dapat menyapa pembaca dan sekaligus pendengar yang lebih luas. Tentu dengan alih wahana ini dapat membuka ruang imajinasi yang lebih mendalam dan karya buku suara ini juga nantinya dapat dikembangkan lagi dan direspon lebih luas dalam bentuk pementasan panggung bertutur,“ ungkap Kadek Purnami.

Kadek Purnami adalah seorang penulis asal Ubud Bali yang telah cukup lama berkecimpung dalam dunia kesusastraan dan turut aktif mengelola beberapa festival sastra dan  budaya.(sur)

Back to top button