Cegah Cluster Upacara Agama, Disbud Edukasi Prokes ke Desa Adat

0
40
Dinas Kebudayaan Badung saat melakukan sosialisasi Prokes kepada salah satu Desa Adat.

MANGUPURA – Munculnya cluster upacara keagamaan penularan covid-19, Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Badung menggencarkan pembinaan pelaksaaan protokol kesehatan (Prokes) kepada Desa adat. Hal ini dilakukan agar kegiatan keagamaan tak lagi diopinikan sebagai klaster baru penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas Kebudayaan Badung, I Gde Eka Sudarwitha menjelaskan, pihaknya saat ini sedang fokus melaksanakan pembinaan dan edukasi pelaksanaan prokes di Desa Adat. “Kami sedang fokus edukasi penerapan protokol kesehatan dalam upacara agama. Sasaran kita yaitu meyakinkan bendesa. Sehingga kita meyakinkan upacara (keagaamaan) kita itu bukan sebagai cluster,” ungkapnya, saat dikonfirmasi Senin (28/9).

Dari pembinaan dan pemantauan yang dilakukan selama ini, pihaknya menilai upacara yang melibatkan masyarakat umum sudah perlahan taat tertib dalam melaksanakan prokes. Misalnya di pura kahyangan tiga, kahyangan jagat, dan lainnya. Namun yang belum taat, kata dia, pelaksanaan upacara pribadi atau keluarga. Misalnya untuk acara  menikah, ngenteg linggih di merajan, kemudian kematian, menurutnya masih sedikit abai.

Untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya Prokes dalam pelaksanaan upacara keagamaan, pihaknya adalah mengerahkan staf ke desa adat untuk melaksanakan pembinaan. Bekerja sama dengan prajuru desa adat, pihaknya melakukan pendekatan secara personal ke warga. “Kami ada staf 162 orang. Kami turun melakukan edukasi ke 122 desa adat sesuai dengan pembagian tugas masing-masing. Kalau yang umum, kami dekati prajuru. Nah, untuk yang pribadi ini kami imbau lakukan dengan pendekatan personal,” jelasnya.

Sudarwitha pun menegaskan pihaknya berupaya optimal untuk ikut serta mencegah penularan Covid-19. Khususnya bekerja sama dengan desa adat yang memiliki wewenang menekankan pelaksanaan prokes di wilayah masing-masing. (lit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here