Kuasai 10,20 Gram Sabu, Dua Pria asal Malang Dituntut 12 Tahun Penjara

0
57
Terdakwa Nanang Sugianto dan Wigiyo Purnomo.

DENPASAR – Dua orang terdakwa pemilik narkoba jenis sabu, Nanang Sugianto (28) dan Wigiyo Purnomo (42) dituntut 12 tahun penjara dalam sidang tuntutan yang digelar secara virtual di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Selasa (18/8/2020).

Jaksa Penuntut Umum I Made Santiawan menilai, kedua terdakwa terbukti secara sah dan dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana tanpa hak memiliki, menyimpan, menguasai atau menyediakan Narkotika golongan I bukan tanaman yang beratnya melebihi 5 gram. Perbuatan kedua terdakwa itu diatur dan diancam pidana dalam Pasal 112 ayat (2) UU.RI.No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. “Mohon yang mulia majelis hakim menghukum kedua terdakwa ini dengan hukuman pidana penjara selama 13 tahun,” kata Santiawan dihadapan majelis hakim diketuai Sukrada.
Selain menuntut pidana penjara, Santiawan juga mengajukan tuntutan denda kepada kedua terdakwa sebesar Rp 800 juta, subsider 3 bulan kurungan.  Atas tuntutan itu, kedua terdakwa melalui kuasa hukumnya dari Posbakum Peradi Denpasar  mengajukan permohonan secara lisan agar majelis hakim bisa meringankan hukuman.

Dalam dakwaan Jaksa sebelumnya,  Nanang Sugianto dan Wagiyo Purnomo asal Malang ditangkap Satuan Reserse Narkoba Polresta Denpasar, Jumat 3 April 2020 sekitar pukul 17.30 Wita. Bahkan, kedua terdakwa sempat terjatuh dari sepeda motor Happy Swing R DK 7715 OD saat masuk Jalan Tukad Balian, Gg X Banjar Peken, Renon, Denpasar Selatan.
“Terdakwa terjatuh dan petugas menemukan menemukan kotak rokok Marlboro Filter Black tertindih sepeda motor yang dikendara. Bungkus rokok itu di dalamnya berisi 1 klip berisi kristal bening sabu dengan berat keseluruhan 10.20 gram. Terdakwa mengaku mendapatkan barang itu dari Enok (DPO),” jelas Jaksa. (wat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here