Obati Kerinduan Anak-Anak Ditengah Covid-19, Kagama Hibur Lewat Menggambar dan Mewarnai

0
49
Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster saat memperingati Hari Anak Nasional, yang diselenggarakan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama)

DENPASAR – Pemerintah Provinsi Bali maupun Kabupaten/Kota terus berupaya untuk menekan keberadaan virus Corona Virus Disease (Covid-19) terutama agar tidak menyerang anak-anak. Olehkarenanya sampai saat ini baik pemerintah pusat maupun daerah belum melakukan pelaksanaan belajar mengajar dari sekolah secara langsung. Untuk itu, peran para orang tua sangat besar, baik untuk mendampingi anak-anak dalam belajar online maupun memberikan suatu kegiatan yang menarik di rumah sehingga anak-anak tidak bosan dan dapat melakukan aktifitas yang bermanfaat.

 Anak-anak harus diberikan ruang sesuai dengan kebutuhan usianya. Jangan sekali-sekali menjejali anak dengan apa yang kita inginkan, tapi berikan apa yang mereka butuhkan. Karena mereka tidak hanya butuh ilmu tapi juga butuh pengetahuan dan pengalaman. Untuk itu penting bagi kita saat anak ‘dirumah saja’, para orang tua memberikan kegiatan yang bermanfaat. Seperti berkebun, beternak atau yang lainnya sehingga anak-anak akan tumbuh menjadi anak yang sehat jiwanya, baik lahir maupun bathin.

Hal itu disampaikan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)  Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster saat memperingati Hari Anak Nasional, yang diselenggarakan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama). Kegiatan  menggambar dan mewarnai secara online tersebut itu Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)  Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster berkesempatan untuk membuka acara yang dilakukan virtual,  Minggu (19/7/2020).

Nyonya Putri Koster

Bunda Putri Koster mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan menggambar dan mewarnai yang diselenggarakan oleh Kagama Bali utamanya di tengah masa pandemi Covid-19. Menurutnya, lomba ini selain mengobati kerinduan anak-anak terhadap aktivitas sekolah juga untuk meningkatan imun mereka dengan melakukan hal yang menggembirakan.

Menururtnya selain berfikir untuk menghibur anak, juga harus berpikir di tengah arus globalisasi ini, maka akan memberikan para orang tua tanggung jawab extra dalam mengawasi anak-anak. Jangan sampai anak-anak yang merupakan investasi berharga bagi masa depan keluarga dan negara tidak diawasi dengan baik, sehingga terjerumus pada hal-hal negatif.  “Untuk itu, penting bagi kita untuk memberikan perhatian khusus bagi tunas-tunas muda ini,”pintanya.

Dalam kesempatan tersebut Bunda Putri Koster berpesan kepada anak-anak dan seluruh orang tua yang ada di Bali. Diharapkannya agar orang tua dalam masa pandemi ini, bisa secara aktif memberikan pengertian kepada anak-anak agar tidak bermain keluar, selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan serta rajin mengkonsumsi makanan yang bergizi sehingga imun mereka dapat terjaga dengan baik. “Anak-anak dan para orang tua di rumah, Bunda berpesan agar tidak main keluar rumah dulu ya! Nanti kalau virusnya sudah berkurang barulah bisa untuk bermain atau aktif sekolah lagi. Dan jangan lupa untuk tetap berolahraga dan makan-makanan yang bergizi agar tubuh tetap sehat dan bugar,” ujar Putri Koster kepada anak-anak.

Sementara dalan kegiatan menggambar dan mewarnai  yang diselenggarakan secara online ini diikuti sekitar 242 orang anak. Terdiri dari kategori lomba mewarnai anak tinggat PAUD & TK, Kategori, lomba mewarnai tingkat SD kelas 1-3, dan kategori, lomba menggambar kategori SD kelas 5-6. Para orang tua yang mendampingi anak-anaknya juga dihibur oleh sharing dari Ibu Psikolog Anak Retno IG Kusuma yang membawakan materi terkait Mengenal Lebih Dalam Tentang Art Therapy. (arn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here