Pangdam IX/Udayana Tanam Bibit Padi Ciherang di Subak Gelulung

0
76
PERCEPATAN SWASEMBADA : Pangdam Mayjen TNI Kurnia Dewantara menanam bibit padi ciherang di Subak Gelulung, Gianyar.

GIANYAR – Sehari setelah menjabat Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Kurnia Dewantara melaksanakan penanaman bibit padi di Subak Gelulung Banjar Blahpane Kelod, Desa Sidan, Gianyar, Selasa (30/6/2020). Kegiatan dalam rangka mendukung program pemerintah dalam percepatan swasembada pangan nasional.

Pada kesempatan itu, Kurnia Dewantara bersama Bupati Gianyar I Made Mahayastra melaksanakan penanaman demplot bibit padi jenis ciherang menggunakan sistem jajar legowo (2.1) atau mengikuti arah matahari terbit dan terbenam di areal persawahan I Made Narka yang juga Pekaseh Subak Gelulung.

Kepala Desa Sidan I Made Sukra Suyasa mengatakan, penanaman bibit padi dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah. Terlebih, Indonesia bahkan dunia sedang menghadapi pandemic Covid-19. “Kami bersama masyarakat Desa Sidan bekerja sama dengan Pejuang Bravo Lima (PBL) Bali dan PT. Thalita Group berusaha menjaga ketahanan pangan di desa kami,”ujarnya.

Bupati I Made Mahayastra menyampaikan, Pemkab Gianyar telah melakukan kegiatan klaster ketahanan pangan komoditas padi sejak awal tahun 2015 dan area Subak Gelulung yang merupakan warisan budaya dunia ditetapkan sebagai lokasi pusat pengembangan klaster padi di Kabupaten Gianyar .”Selain itu, dilaksanakan juga pelatihan pembuatan pupuk organik dan teknik budidaya pertanian bagi para petani,”kata Mahayastra.

Ia menambahkan, penanaman padi sudah kesekian kalinya dilaksanakan.  Tentunya, sinergitas seperti ini dapat membantu para petani khususnya di Kabupaten Gianyar di tengah pandemi Covid-19 dalam usaha meningkatkan hasil panen dan swasembada pangan dapat terwujud. “Masyarakat Gianyar menyampaikan ucapkan terima kasih yang sebesar-besanya atas kerjasama yang telah terjalin dan berharap kegiatan ini dapat berlanjut secara berkesinambungan,”harapnya.

Mayjen TNI Kurnia Dewantara dalam sambutannya mengatakan,  saat ini pemerintah secara perlahan akan mengambil kebijakan melaksanakan new normal dengan tatanan yang baru. Terkait dengan kegiatan hari ini merupakan bagian dari bentuk promosi untuk menggaungkan sudah mulainya kegiatan di lapangan dan untuk kegiatan penanaman padi hari ini merupakan suatu hal yang baik untuk meningkatkan swasembada pangan di tengah pademi Covid-19. “Ke depan mari sinergitas ini terus dipelihara dan ditingkatkan, sehingga dapat berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara”, harapnya.

Usai memberikan sambutan, Pangdam IX/Udayana bersama rombongan dan Muspida Kabupaten Gianyar  melaksanakan penanaman bibit padi jenis ciherang secara simbolis dengan sistim jajar legowo (2.1) yaitu dengan arah timur dan barat mengikuti arah matahari terbit dan terbenam sesuai ketentuan dari Dinas Pertanian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here