ASN Tabanan Serap Hasil Pertanian dan UMKM

0
144
SERAP PRODUK PERTANIAN : ASN Tabanan Serap Hasil Pertanian dan UMKM Tabanan.

TABANAN – Pandemi Covid-19 membawa dampak yang sangat luas bagi sendi-sendi kehidupan masyarakat, mulai dari aspek kesehatan, sosial ekonomi, pariwisata, psikologogis masyarakat, bahkan sangat berdampak terhadap rendahnya serapan hasil pertanian dan produksi pelaku UMKM, khususnya di Tabanan.

Atas keadaan tersebut, Pemkab Tabanan melalui inovasi dan gagasan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti beserta jajaran melakukan langkah nyata dengan meluncurkan Program ASN Tabanan Peduli. Program ini sebagai upaya membantu serapan hasil pertanian dan menghidupkan kembali bisnis Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM). Peluncuran perdana ASN Tabanan Peduli ditandai dengan penyerahan secara simbolis berupa Paket pangan dari hasil pertanian dan UMKM lokal untuk seluruh ASN Pemkab Tabanan oleh Bupati Eka dan diterima langsung Sekda I Gede Susila. Langkah nyata ini dilangsungkan di depan Kantor Bupati setempat, Kamis (04/6/2020).

Bupati Eka mengatakan, kegiatan ini merupakan tindakan peduli dari Pemkab Tabanan beserta jajaran, khususnya ASN untuk meringankan beban masyarakat di tengah krisis pandemi global saat ini. Dengan menggandeng Perusahaan Daerah Dharma Santhika, rencananya kegiatan ini akan berlangsung sampai 6 bulan kedepan.Paket ini dibeli seharga Rp 100 Ribu secara bergotong-royong dengan menyisihkan sebagian tunjangan tambahan penghasilan ASN. Item produk dalam paket tersebut merupakan hasil UMKM dan pertanian masyarakat lokal, seperti jajanan, kopi, minyak kelapa, sayuran dan telor. “Saya ucapkan terimakasih atas empati dari seluruh ASN. Hal ini tidak akan berhenti hari ini saja tapi saya sudah bisik-bisik, kita lanjutkan sampai 6 bulan kedepan. Kita beli terus hasil pertanian Petani kita,” ungkap Bupati Eka.

Bupati juga menghimbau kepada seluruh OPD beserta jajaran di lingkungan Pemkab Tabanan agar selalu aktif melihat situasi dan keadaan di masyarakat. “Bila ada panen jangan nunggu bantuan si ini si itu. Saya yakin Tuhan mempunyai seribu cara untuk membantu rakyat kita. Yang penting ada niat,” tandasnya.

Lebih lanjut Bupati Eka mengungkapkan tindakan nyata dari para ASN ini sangat luar biasa sekali. Mengingat kegiatan ini mampu mempertahankan ketahanan pangan di Tabanan dan Bupati Eka juga berharap hal ini mampu menjadi contoh bagi orang lain untuk lebih peduli lagi dalam keaadaan krisis saat ini. “Mudah-mudahan pertanian kita khususnya bisa diselamatkan. Kalau pangan sudah siap, artinya perut juga bisa dijamin, sehingga rakyat kita lebih ringan dalam menghadapi Covid -19 ini,” imbuhnya. (jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here