PolitikTabananTerkini

Bawaslu Tabanan Rekrut 1.545 Pengawas TPS Pemilu 2024

TABANAN- Bawaslu Kabupaten Tabanan akan merekrut 1.545 orang pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) untuk Pemilu tahun 2024. Perekrutan akan dimulai pada awal bulan Januari 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tabanan I Ketut Narta menyampaikan tahapan saat ini masih dilakukan sosialisasi oleh Bawaslu Tabanan dan Pengawas Pemilu Kecamatan ( Panwascam ). Setiap TPS nantinya akan diawasi satu orang Pengawas.

“Jumlah kebutuhan di Kabupaten Tabanan menyesuaikan jumlah TPS yang di bentuk oleh KPU Kabupaten Tabanan sebanyak 1.545 TPS, sehingga setiap TPS diawasi 1 orang pengawas TPS ,” ucap Narta, Jumat (29/12/2023).

BACA JUGA:   Pj Bupati Buleleng Pantau PSU 4 TPS di Dapil Banjar

Narta yang juga Kordiv Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Data informasi menjelaskan, pendaftaran dan penerimaan serta penelitian kelengkapan berkas akan dibuka lima hari, 2-6 Januari 2024. Sedangkan penggumuman lulus administrasi 10 Januari 2024.

Narta berharap, Panwaslu di 10 Kecamatan se – Labu Tabanan melakukan sosialisasi secara masif di daerahnya masing-masing. Dan ditekankan untuk sosialisasi jadwal dan Tahapan perekrutan PTPS ini digencarkan.

BACA JUGA:   Perumda PAN Buleleng Pastikan Stok Beras Harga Terjangkau

“Dalam sosialisasi ini diharapkan kepada Panwaslu Kecamatan agar memperhatikan time line kegiatan perekrutan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh menjadi calon PTPS sesuai petunjuk teknis dan peraturan perundangan-undangan yang berlalu,” jelas Narta.

Lebih lanju, Narta menegaskan kepada seluruh Pengawas Pemilu Kecamatan agar teliti merekrut PTPS di wilayahnya.

“Seperti rekam jejak calon harus didalami dan termasuk yang menjadi anggota Parpol lebih cermat terhadap calon PTPS, ” pungkasnya. (jon)

Back to top button