Bupati Nyoman Giri Prasta Hadiri Karya di Pura Desa Desa Adat Pelaga

0
114
nunas tirta
Bupati Nyoman Giri Prasta saat menghadiri serangkaian Upacara Padudusan Alit Medasar Caru Manca Sanak, Rahina Anggara Kasih, Wuku Julungwangi di Pura Desa, Desa Adat Pelaga Petang

PETANG-Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta beserta Nyonya Seniasih Giri Prasta menghadiri serangkaian Upacara Pedudusan Alit Medasar Caru Manca Sanak, Rahina Anggara Kasih, Wuku Julungwangi di Pura Desa, Desa Adat Pelaga Petang, Selasa (24/5/2022).

Turut hadir pula Anggota DPRD Badung I Gst Lanang Umbara, Perwakilan Dinas Kebudayaan Badung, Plt. Camat Petang I Gst Bagus Adi Parwata, Perbekel Desa Pelaga I Made Ordin. Upakara Pedudusan Alit Medasar Caru Manca Sanak dipuput oleh Ida Pedanda Giri Simpangan Pelaga dari Griya Simpangan Pelaga.

Bupati Nyoman Giri Prasta dalam sambrama wacananya, menyampaikan melalui pelaksanaan upacara ini agar selalu ngrastiti bakti kehadapan Ida Hyang Widhi Wasa terutama kepada Beliau yang berstana di Bale Agung, karena Beliau yang memberikan jalan dan anugerah yang baik bagi semua warga masyarakat dalam melaksanakan Upacara Pujawali. Upacara Ngusaba Desa lan Ngusaba Nini serangkaian Upacara Ngenteg Linggih Pedudusan Agung, Numbuk Pedagingan Medasar Caru Tawur Balik Sumpah Utama di Pura Desa, Desa Adat Pelaga yang sudah dilaksanakan tahun yang lalu, dan pada hari ini merupakan karya nugtugang (lanjutan) upacara tahun lalu yaitu upacara Pedudusan Alit Medasar Caru Manca Sanak di Pura Desa.

“Upacara ini akan berlanjut seterusnya dan saya sebagai Guru Wisesa menjalankan semaya (janji), bagaimana caranya setiap melaksanakan upacara di desa adat tidak mengeluarkan dana/peturunan setiap warga masyarakat. Dan sekarang di Pura Desa ini dapat bantuan Rp 150 juta, setelah ini di Pura Dalem Prajapati dapat bantuan Rp 225 juta, setelah ini di Pura Bukit Rinjani dapat bantuan Rp 100 juta, di Pura Melanting mendapat Rp 100 juta, dan ngeratep Karya di Pura Puseh mendapat bantuan Rp 150 juta, dan di Pura Bukit Peninjauan mendapat bantuan Rp 150 juta, dan semua dana yang di dapat untuk pelaksanaan upacara keseluruhan mendapat Rp 875 juta,” Jelasnya.

Selanjutnya sebagai tokoh masyarakat setempat, Giri Prasta memberikan apresiasi kepada masyarakat Desa Adat Pelaga dimana semangat masyarakat dalam melaksanakan Karya Padudusan Alit Medasar Caru Manca Sanak sangat antusias dengan cara gotong royong, dan bersama-sama metu dari hati Ning Nirmala dengan rasa tulus ikhlas.

Dirinya juga mengajak masyarakat selalu bersatu dalam melaksanakan kegiatan di masyarakat, agar apa yang kita laksanakan bisa berjalan dengan baik dan lancar sesuai yang diharapkan, dan juga merupakan stiti bakti kita kepada Ida Betara leluhur supaya kita semua diberi keselamatan agar segilik, seguluk, selunglung sebayantaka. (litt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seventeen − 3 =