Bupati Gede Dana Luncurkan Mobil Antar Jeput Pasien Rayon Bebandem-Sidemen

0
209
mobil pasien
Bupati Gede Dana mencoba mobil layana antar jemput pasien

KARANGASEM—Program layanan antar jempun pasien yang di gelontorkan Bupati Karangasem I Gede Dana bersama Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa, selain efektif juga sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Ini dibuktikan dari banyaknya masyarakat menggunakan jasa layanan gratis tersebut. Bahkan saat ini warga yang terlayani untuk berobat ke Puskesmas dan rumah sakit sudah mencapai 4000 orang lebih.

Tingginya animo masyarakat menggunakan layanan mobil antar jemput pasien itu membuat Bupati Gede Dan mulai mengembangkan sayap jasa layanan. Awalnya, layanan antar jemput pasien hanya tersedia 6 rayon (Kecamatan Karangasem, Kubu, Abang, Rendang, Selat dan Kecamatan Manggis), kini berkembang menjadi 8 rayon sesuai jumlah kecamatan yang ada. Pengembangan dua rayon layanan antar jeput pasien, yakni rayon Bebandem dan rayon Sidemen, yang mulai diluncurkan Bupat Gede Dana di Puskesmas Bebandem, Selasa (18/1/2022).

Peluncuran layanan kesehatan itu dihadiri Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, Sekda I Ketut Sedana Merta, Direktur Operasional Bank BPD Bali, Ida Bagus Gede Setia Yasa bersama Kepala Cabang Karangasem Bang BPD Bali I Ketut Andayana, serta perwakilan Perbekel se Kecamatan Bebandem dan Kecamatan Sidemen.

“Penambahan dua rayon layanan kesehatan ini semakin melengkapi lanyanan antar jemput sebelumnya dan sudah ada di masing-masing kecamatan. Kedepan kita akan lakukan penambahan armada untuk rayon Kecamatan Kubu karena cakupan wilayahnya sangat luas dan banyak yang terpencil,” ucap Gede Dana usai peluncuran program layanan kesehatannya itu.

Bupati menekankan, para Koordinator layanan antae jemput pasien, mulai dari camat, perbekel maupun Dinas Kesehatan untuk selalu mensosialisasikan program ini dan melakukan koordinasi dengan baik dengan semua pihak. Hal itu dinilai Bupati Dana sangat penting, agar program layanan antar jemput pasien tersebut mampu memberikan pelayanan yang maksimal kepada warga masyarakat.

Sekadar diketahui, layanan antar jemput pasien merupakan program layanan kesehatan bagi masyarakat, utamanya yang tinggal di desa terpencil, kesulitan kendaraan menuju ke tempat-tempat fasilitas kesehatan. Belum setahun program itu digulirkan, program tersebut mendapat positif dari masyarakat. Saat ini masing-masing rayon di seluruh kecamatan sudah memiliki armada layanan antar jemput pasien.

Bupati berharap tambahan rayon layanan kesehatan tersebut, semakin memudahkan masyarakat untuk melakukan perawatan kesehatannya baik di Puskesmas maupun di rumah sakit.

“Melalui program ini, masyarakat yang bembutuhkan kendaraan untuk membawa keluarga atau kerabatnya yang sakit. Bukan sekadar menghantar saja, tenaga kesehatan juga melakukan pelayanan kepada pasien hingga mendapatkan pengiobatan yang bagus,” pungkas Bupati. (wat/jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen − eleven =