Senderan Tukad Mati Legian Ambles

0
141
Titik senderan Tukad Mati Legian yang tampak ambles

KUTA – Beberapa meter senderan Tukad Mati terpantau ambles, Minggu (21/11/2021). Titik ambles tersebut terlihat dari Jalan Sri Rama, Kelurahan Legian.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Legian I Wayan Puspa Negara mengatakan, amblesnya senderan tersebut diketahui sudah terjadi beberapa hari lalu. Kuat dugaan diakibatkan kondisi senderan yang sudah termakan usia, sehingga tidak mampu lagi menahan beban.

“Kami sudah teruskan ke semua instansi. Namun berhubung yang memiliki kewenangan dalam penanganan Tukad Mati adalah BWS (Balai Wilayah Sungai), maka kami langsung ke mereka,” sebutnya.

Pihak terkait diharapkan segera melakukan penanganan. Karena Bali diketahui sudah memasuki musim hujan, sehingga kondisi itu dikhawatirkan mengakibatkan air sungai meluber ke pemukiman warga.

Beruntung, laporan yang disampaikan sudah direspon cepat pihak BWS. Jumat (19/11/2021), beberapa orang telah terjun untuk melakukan pengecekan.

“Tim BWS sudah ada yang turun mengecek ke lokasi. Saat ini katanya masih dikaji terlebih dahulu, baru setelah itu diperbaiki. Ya, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini,” sambungnya.

Terpisah, Kepala Satuan Non Vertikal Tertentu (SNVT) Pelaksana Jaringan Sumber Air (PJSA) BWS Bali-Penida Made Denny Setya Wijaya, membenarkan, belum lama ini timnya sudah terjun ke lokasi untuk melakukan pemeriksaan. Karena lokasinya ada di wilayah Kabupaten Badung, maka pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Badung.

“Kalau itu kan di wilayah Badung, maka tentu kami juga berkoordinasi terlebih dahulu dengan Dinas PUPR untuk pengerjaan,” ucapnya.

Meski mengaku belum bisa memastikan jadwal perbaikan, Denny sepakat bisa dilakukan secepatnya. Karena di musim hujan sekarang ini, air sungai yang berpotensi meninggi, dikhawatirkan dapat meluber ke pemukiman warga melalui titik ambles tersebut. (adi/jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

11 + ten =