Bupati Tabanan Kembali Gelar Mutasi

0
910
Bupati Sanjaya memberikan ucapan selamat bagi pejabat yang dikukuhkan dan dilantik

TABANAN – Setelah mutasi besar-berasan dilakukan Agustus lalu dengan mengocok jabatan eselon IIB, Selasa 19 Oktober 2021, Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya kembali melakukan mutasi di lingkungan Pemkab Tabanan di ruang rapat kantor Bupati Tabanan. Ada pejabat baru dilantik salah satunya Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dan ada pengukuhan kembali seperti Sekda I Gede Susila. Hadir pula Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga

Dari data yang berhasil dihimpun, ada sebanyak 243 orang pejabat yang dikukuhkan, rotasi maupun promosi. Untuk eselon II, ada sebelas orang terdiri dari sepuluh orang pengukuhan dan satu orang promosi. Untuk eselon III, sebanyak 110 orang. 34 orang dikukuhkan kembali di jabatan yang sama, 44 orang dirotasi dan 32 orang promosi. Sementara untuk eselon IV ada 122 orang. Sebanyak 93 dikukuhkan kembali, 6 orang rotasi dan 23 promosi.

Dalam mutasi yang dilakukan secara hybrid tersebut, hanya empat pejabat yang dilantik dan dikukuhkan langsung Bupati Sanjaya. Diantaranya pengukuhan kembali Sekda I Gede Susila. Sementara itu ada tiga pejabat lainnya yang dilantik langsung. Yakni Pejabat eselon IIB Kepala BKPSDM yang lowong kini dijabat I Made Kristiadi Putra yang saat lelang jabatan menempati ranking pertama dari empat peserta lelang.

Selain itu ada pengisian jabatan Kabag Tata Pemerintahan (Tapem) yang sebelumnya dijabat Wayan Yelada kini dijabat I Wayan Sudarya yang sebelumnya menjabat sekretaris Dina sLIngkungan Hidup. Sementara satu pejabat eselon IV yang dilantik yakni Luh Gede Yudiastuti yang sebelumnya bertugas di protokol kini menjadi Kasubag Umum dan Kepegawaian di DPMD.

Dari mutasi ini, hal yang mendasar yakni perubahan nomenklatur bagian Humas dan Protokol. Fungsi huams tidak ada lagi di Setda berubah menjadi Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) yang masih dihabat di Gusti Putu Winiantara. Sementara fungsi humas akan dimasukkan ke Dinas Kominfo.

Sementara itu, informasi yang berhasil dihimpun, sejumlah camat juga dirolling. Sayu Made Parwati yang sebelumnya di Inspektorat kini menjadi Camat Baturiti menggantikan Adi Astrawan yang kini menjabag Kabag Kesra. Camat Kerambitan Gusti Made Dharma Ariantha kini menjabat Camat Tabanan menggantikan Putu Arya Suta yang digeser jadi Camat Selemadeg. Camat Selamadeg I Gede Putu Wirawan menjadi Camat Pupuan menggantikan Putu Hendra Manik yang menjabat Camat Selemadeg Timur. Sementara Putu Adi Supraja kini menjabat Camat Kerambitan.

Sekda Gede Susila usai pelantikan mengatakan, pengukuhan dan mutasi yang dilakukan karena sesuatu yang mendesak dengan perubahan nomenklatur jabatan struktural seperti terjadi di Bagaian Setda, Inspektorat, Bapelitbang , perijinan maupun Kesbangpol Linmas. Sementara mutasi dilakukan karena ada pengisian jabatan yang lowong. “Satu saja jabatan yang lowong kemudian diisi, maka jabatan lain juga ikut bergerak,” jelas Sekda Susila.

Sekda Susila menegaskan, mutasi, rotasi dilakukan merupakan hal yang biasa untuk memutar roda pemerintahan dapat berjalan sesuai dengan harapan.

“Mutasi dan rotasi hal biasa, yang penting pejabat harus menunjukkan loyalitas, kredibilitas dan kinerja yang baik. Bagi yang belum dapat jabatan sekarang, masih ada waktu erutama bagi mereka yang menginginkan formasi yang lebih tinggi,” tandasnya. (jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen + 10 =