Terpantik Putung Rokok, Dua Pelinggih Pura Dalem Rangdu Terbakar

0
175
Petugas Damkar berssama warga padamkan api yang mekudeskan dua pelingggih gedong di Pura Dalem Desa Adat Rangdu Kecamatan Seririt

BULELENG – Diduga akibat terpantik api dari putung rokok, 2 buah pelinggih berupa gedong yang ada pada areal Pura Dalem Desa Adat Rangdu, Kecamatan Seririt ludes terbakar. Tidak ada korban jiwa pada musibah kebakaran yang diketahui kali pertama oleh saksi Putu Tarsini, Rabu, 13 Oktober 2021 Pukul 10.30 WITA tersebut.

“Tidak ada korban jiwa pada musibah kebakaran yang diketahui oleh saksi, yang juga menjabat sebagai bendahara Desa Adat Rangdu pada Pukul 10.30 WITA,” ungkap Kapolsek Seririt, Kompol Gede Juli.

BACA JUGA:   Warga Geruduk Kantor Perbekel Ababi, Kadus Uma Anyar Tantang Duel Polisi Mengundurkan Diri

Kompol Juli memaparkan, dari hasil penyelidikan terungkap, kebakaran 2 buah Gedong Pura yang ada pada areal Pura Dalem Desa Adat Rangdu ini terjadi Pukul 10.30 WITA.

“Berawal pada Pukul 07.30 WITA, saksi Jro Gede Mangku (Bendesa Adat,red) bersama beberapa warga datang ke Pura Dalem untuk merencanakan upacara melaspas pelinggih yang ada di lingkungan tengah (jaba tengah), kemudian Pukul 09.00 WITA, saksi selesai sembahyang dan mengikuti rapat di Seririt,” ungkap Juli sembari menyebutkan saat mengikuti rapat, saksi mendapat kabar dari saksi, Putu Tarsini bahwa Pura Dalem Kebakaran.

BACA JUGA:   Tidak Kooperatif, Tersangka Perusakan Rumah Dibekuk

Mendapat kabar tersebut, kata Kapolsek Juli, saksi kemudian pulang dan langsung ke lokasi kebakaran.

“Saksi dan prajuru adat juga melaporkan musibah kebakaran kepada petugas Babinkamtibmas dan Babinsa, sekaligus minta bantuan petugas Damkar untuk memadamkan api,” terangnya.

Dari keterangan saksi dan olah tempat kejadian perkara yang dilakukan, penyebab kebakaran yang berhasil dikuasai petugas Damkar pada Pukul 11.30 WITA diduga kuat berasal dari puntung rokok.

BACA JUGA:   Musim Pandemi, Maling Mulai Marak 5 Ekor Burung Digondol

“Penyebab kebakaran diduga berasal dari percikan api semak-semak yang terbakar akibat terpantik api puntung rokok,” pungkasnya.(kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 + 16 =