Pohon Tumbang Hancurkan Pura Batur

0
302
bencana pohon tumbang
Beberapa pelinggih di Pura Batur Samping Boni hancur tertimpa pohon bentawas

TABANAN – Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Tabanan dan sekitarnya, Senin 13 September 2021 siang sampai sore. Akibatnya, banyak nterjadi pohon tumbang. Salah satunya terjadi di Banjar Tegal Baleran, Desa Dauh Peken, Tabanan. Sebuah pohon bentawas tumbang ke arah pura menyebabkan  beberapa pelinggih di Pura  Batur Samping Boni hancur.

Kasi Kedaruratan dan Logistis BPBD Tabanan I Putu Trisna Widiatmika ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Dijelaskan, pohon jenis bentawas tersebut tumbang sekitar pukul 17.00 WITA ke arah Pura. Beberapa pelinggih hancur kena hantaman pohon berukuran cukup besar tersebut.

BACA JUGA:   Evaluasi APBD Perubahan 2020, Belanja Tak Langsung Turun

“Tidak ada korban jiwa atau luka-luka, namun kerugian material akibat kerusakan pura diperkirakan sekitar Rp 80 Juta,” ungkap Putu Trisna serya menyebutkan batang pohon berikut dahan dan ranting yang menimpa pura  sudah berhasil dievakuasi.

Selain itu juga dilaporjan ada pohon tumbang dua  lokasi berbeda.  Sebuah pohon nangka  di jalan Darmawangsa Timur Kantor Bupati Tabanan tumbang mearaha jalan sehingga jalan semapt tertutup dan tidak bisa dilalui. Peristiwaa tersebut terjadi sekitar R pukul 13.00 WITA saat hujan serta angin kencang. Batang pohon tumbang sudah berhasil dievakuasi.

BACA JUGA:   Lolos di Gilimanuk, 27 Sopir dan Kernet Truk Terjaring di Terminal Mengwi

 Selanjutnya, pohon tumbang juga terjadi di  depan SMAN I Kediri, Tabanan. Sebuah pohon jati berukuran besar dan tinggi tumbang ke arah jalan Bingin Ambe sampai menutup seluruh akses jalan. Petugas gabungan TRC BPBD Tabanan dan DLH melakukan pembersihan pohon sehingga  jalan sudah bisa dilalui.

BACA JUGA:   Jabatan Waka Polres Tabanan Diserahterimakan

“Kami masih menunggu laporan , kemungkinan ada bencana lainnya.  Bila ada bencana mohon warga segera melapor,” tandasnya. (jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 + 1 =