Waspada ! Ketinggian Gelombang Samudera Hindia Selatan Bali Capai 4 Meter

0
61

BADUNG – Ketinggian gelombang Samudera Hindia selatan Bali maupun Nusa Tenggara Barat (NTB) diprakirakan masih tinggi berkisar 2,5 hingga 4 meter.

Balai Besar Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar mengimbau masyarakat yang beraktivitas di laut senantiasa waspada dan memperhatikan update informasi melalui situs BMKG ataupun aplikasi Info BMKG dan WRS BMKG.

“Gelombang tinggi diprakiraan hingga 11 Juni mendatang. Setiap harinya kami update informasi,” ungkap Koordinator Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah III Denpasar Dwi Hartanto, Selasa 8 Juni 2021.

BACA JUGA:   Pastikan Aman, Bupati Giri Prasta Pejabat Pertama Penerima Vaksin Covid-19 di Badung

Ia mengungkapkan, gelombang tinggi di Samudera Hindia selatan Bali terjadi sejak sebulan terakhir akibat pengaruh kecepatan angin. Peringatan kewaspadaan ternyata tidak hanya berlaku pada perairan Samudera Hindia selatan Bali dan NTB, tapi juga di sejumlah lokasi perairan lain, seperti Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian selatan, serta Selat Alas bagian selatan.

BACA JUGA:   Sampah Kiriman Banjiri Pantai

Hal tersebut berkaitan dengan adanya potensi gelombang tinggi hingga mencapai dua meter atau lebih pada lokasi-lokasi bersangkutan.

“Tapi, prakiraan ketinggian gelombang pada jalur-jalur penyeberangan dari Bali, mulai hari ini hingga 9 Juni 2021 besok, itu mayoritas terbilang rendah. Seperti pada jalur Gilimanuk – Ketapang, Sanur – Nusa Penida, Kusamba – Nusa Penida, Padangbai – Nusa Penida dengan ketinggian berkisar antara 0,5 – 1,25 meter. Hanya satu yang termasuk sedang, yakni pada jalur penyeberangan Padangbai – Lembar dengan prakiraan ketinggian antara 1,25 – 2,50,” bebernya. (adi)

BACA JUGA:   Dikejar Polisi, Residivis Sembunyi di Semak-semak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here