Polisi Ciduk Pencuri Ceniga Uang Kepeng Asli

0
97
Tersangka Purwanto dengan barang bukti kejahatannya dibeber Polsek Marga

TABANAN – Jajaran Polsek Marga, Tabanan berhasil mengungkap kasus pencurian pretima atau barang berharga berupa Ceniga  yang terbuat dari 700 uang kepeng asli di Pura Dalem Jema, Banjar Kuwum Ancak, Marga, Tabanan yang diketahui  Senin 18 Januari 2021 silam. Tersangka adalah  Purwanto  (47) asal Jember, Jawa Timur yang tinggal di Jalan Parigata By Pass Sukarno Banjar Tegal Belodan, Dauh Peken, Tabanan.

Kasubag Humas Polres Tabanan Iptu I Nyoman Subagia ketika dikonfirmasi membenarkan penangkapan tersangka pencurian pratima berupa tujuh Ceniga terbuat dari 700 keping uang kepeng asli  di Pura Dalem  Jema, Kuwum, Marga.  Aksi pencurian diketahui pengempon pura tersebut Senin 18 Januari 2021 sekitar pukul 12.00 WITA .  Pencurian dilakukan tersangka  disaat tersangka ikut melakukan rehab  gedong simpen dan bale sambyangan. Tersangka melemparkan Ceniga tersebut ke luar tembok pura kemudian  kabur.

Saksi pelapor I Made Wardana (72) warga Banjar Batannyuh, Umadiwang, Marga selaku pengempon kemudian melapor ke Desa dilanjutkan melapor ke Polsek Marga. Akibat kejadian tersebut pengempon pura mengalami kerugian sebesar Rp 8,5 Juta.

“Berdasarkan laporan tersebut, petugas melakukan penyelidikan,” ungkap Iptu Subagia, Senin 22 Februari 2021.

Dari penyelidikan yang dilakukan, petugas kemudian mengetahui  kalau tersangka  Purwanto  tinggal di sekitar jalan Parigata, Tabanan. Namun tersangka tidak ada di lokasi tersebut. Dari keterangan tetangganya diketahui kalau tersangka, pulang ke rumahnya di Jember. Berdasarkan informasi tersebut  Jumat, 19 Februari 2021,  petugas mengetahui kalau tersangka berada di rumahnya di Jember. Minggu 21 Februari 2021 pukul 10.00 WITA, petugas kemudian berhasil menangkap tersangka Purwanto di rumahnya di Jember.  

“Dari interogasi yang dilakukan, tersangka Purwanto mengaku telah melakukan pencurian sebanyak 2 (dua) kali di Pura Dalem Jema yaitu pada tanggal 15 Januari 2021 sekitar pukul 14.00 WITA dan 18 Februari 2021 sekitar pukul 08.30 Wita namun barang bukti telah dijual murah kepada  Sofi Hermawan di Demung, Kediri, Tabanan sebesar Rp 197.000. Uangnya  dipakai untuk kehidupan sehari-hari,” jelas Iptu Subagia.

Sedangkan barang bukti lain sekitar 503 uang keping yang kepeng telah ditemukan pengempon Pura di tempat penyimpanan dekat Pura Dalem Jema. Atas perbuatannya tersangka dibawa ke Bali guna diproses lebih lanjut. tersangka dijerat dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman 5 tahun penjara.

“Dari hasil pemeriksaan, tersangka juga mengaku mencuri di pura di Kerobokan, Badung dan kasusnya masih terus dikembangkan,” pungkasnya. (jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here