Badung Bakal Pasang GeNose di Fasilitas Publik, Harapkan Pariwisata Bisa Mulai Dibuka

0
1568
Plh. Bupati Badung I Wayan Adi Arnawa

MANGUPURA – Kabupaten Badung merencanakan memasang GeNose, alat screning Covid-19 ditempat-tempat publik termasuk obyek wisata. Dengan pemasangan GeNose yang merupakan karya anak bangsa, diharapkan tidak ada lagi pembatasan jam operasional dan pariwisata bisa mulai dibuka secara perlahan.

Plh. Bupati Badung I Wayan Adi Arnawa menjelaskan pihaknya sedang melakukan kajian bersama Satgas Covid-19 Kabupaten Badung, terkait rencana penggunaan GeNose pada tempat-tempat publik.

“Alat ini (GeNose) bisa menditeksi dan mendiscrening. Jadi setiap masyarakat yang datang langsung discrening, apakah positif atau negatif. Kalau memang negatif bisa langsung masuk, kalau positif langsung kita ambil tindakan selanjutnya seperti isolasi,”jelas Adi Arnawa yang dikonfirmasi, Minggu (21/2/2021).

Pejabat asal Pecatu ini mencontohkan, jika alat ini dipasang di mall atau pusat perbelanjaan, maka setiap pengunjung yang boleh masuk adalah yang negatif saja. Dalam tahap awal pihaknya merencanakan memasang alat ini dipusat pelayanan publik seperti Puspem, serta obyek wisata.

“Di Mall misalnya, kalau sudah memasang alat ini tidak lagi perlu thermogun. Setiap pengunjung harus discrening melalui alat ini, kalau negatif boleh masuk. Semua yang berinteraksi di dalam mall negatif, jadi tidak perlu lagi ada pembatasan jam buka dan sebagainya,”tegasnya.

Pihaknya juga mendorong pengusaha untuk mengikuti langkah ini, dengan memasang GeNose ditempat usahanya. Jika hal ini bisa dilaksanakan secara bersama-sama, diharapkan pariwisata bisa mulai dibuka dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

Untuk diketahui GeNose hasil karya ahli di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Alat seharga Rp 62 juta ini telah mendapatkan ijin penggunaan dari pemerintah, dan untuk sekali test hanya memerlukan biaya Rp 20 ribu. GeNose menditeksi udara yang dihembuskan pasien, tidak seperti Swab Antigen maupun yang mengambil lendir pada rongga hidung. (lit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here