Pakai Dana APBD, Badung Tetap Siapkan Hotel Isolasi OTG

0
881

MANGUPURA – Satgas Covid-19 Provinsi Bali menghentikan isolasi Orang Tanpa Gejala atau Gejala Ringan (OTG GR) di hotel lantaran pusat menghentikan alokasi dananya. Tapi tidak halnya dengan Pemkab Badung. Badung tetap menyiapkan kamar hotel untuk OTG-GR dengan pembiayaan dari APBD Badung.

Selama ini Badung menyiapkan 68 kamar di sebuah hotel dibilangan Kuta untuk tempat osolasi OTG-GR. “Sesuai petunjuk Bapak Sekda, kita akan tetap menyiapkan kamar hotel untuk pasien OTG,”ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Badung dr Nyoman Gunarta yang dikonfirmasi, Sabtu, 20 Februari 2021.

Dikatakannya ada 68 kamar yang disediakan, dimana tiap kamar maksimal diisi oleh dua orang. Atau tersedia 136 tempat tidur. Karena anggaran pusat dihentikan, pembiayaan akan menggunakan dana APBD. “Misalnya nanti pusat kembali mengalokasikan anggaran untuk isolasi, nanti kita akan alihkan pembiayaannya lagi,”katanya.

Isolasi terpusat menurut mantan Direktur RSD Mangusada ini lebih mudah dalam pengawasan dan pemantau, termasuk dalam mengambil tindakan medis. Lantaran tenaga kesehatan selalu standbay.  Pertimbangan lain lanjut Dia, desa belum sepenuhnya siap melaksanakan isolasi mandiri kepada warganya, termasuk dalam hal pendanaan. (lit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here