Standar WHO, RSUD Buleleng Operasikan ICU Covid-19

0
36
Dirut RSUD Buleleng, Arya Nugraha saat memantau penanganan pasien di Ruang ICU Covid-19 RSUD Buleleng

BULELENG – RSUD Kabupaten Buleleng terus berupaya meningkatkan sarana-prasarana serta mutu layanan publik, mengacu standar World Health Organization (WHO). Termasuk dalam penanganan pasien Covid-19. Selain mengoperasikan ruang Intensive Care Unit (ICU) Covid-19. RSUD Buleleng yang ditunjuk sebagai Rumah Sakit rujukan pasien Covid-19 telah menyediakan tiga kualifikasi ruangan dengan kapasitas 60 bed.

“Dengan beroperasinya ruang intensif atau ICU Covid-19, saat ini RSUD Kabupaten Buleleng memiliki tiga kualifikasi ruang penanganan pasien terkonfirmasi Covid-19,” ungkap Direktur RSUD Buleleng, Putu Arya Nugraha, Rabu, 3 Februari 2021.

Tiga kualifikasi atau jenis ruangan tersebut, kata Arya Nugraha, yang pertama ruang untuk penanganan pasien dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG) atau gejala ringan.

“Kemudian ruangan untuk penanganan pasien bergejala sedang dan ruang intensif untuk penanganan pasien dengan gejala berat dan kritis,” jelasnya.

Dengan adanya Ruang ICU Covid-19, penanganan pasien dengan gejala berat dan kritis yang masih memanfaatkan Ruang Jempiring, akan segera dipindah.

“Kami akan lakukan analisis, jika pasien memerlukan ruang tekanan negatif dan ventilator, kami akan pindah ke Ruang Lely yang telah dijadikan ruangan intensif atau ICU Covid-19 dengan kapasitas sembilan bad atau tempat tidur,” tandasnya. (kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here