TNI Plototi Pantai, Pecalang Awasi Pintu Masuk Pantai Watu Klotok

0
79
Anggota TNI mengimbau pengunjung pantai agar tidak berkerumun selama melaksanakan perayaan Hari Banyupinaruh, Minggu 31/1/2021 dan diminta selalu menjalankan protokol kesehatan

KLUNGKUNG-Satgas penanganan Covid-19 di Klungkung bersama unsur TNI, Polri, Pecalang, memperketat pengawasan sejumlah pantai yang ada di wilayah Kabupaten Klungkung. TNI memplototi sejumlah pantai, sementara aparat gabungan termasuk pecalang menjaga ketat pintu masuk menuju Pantai Watu Klotok, Minggu (31/1/2021).

Pengawasan super ketat ini, sebagai upaya mengantisipasi adanya kerumunan warga ke pantai,serangkaian Hari Raya Banyupinaruh, yang mana berpotensi adanya penyebaran Covid-19. Seperti diketahui, setiap Hari Raya Banyupinaruh yang jatuh 365 hari sekali, tepatnya sehari setelah perayaan Hari Saraswati, warga biasanya mengisi Banyupinaruh dengan ritual ‘melukat’ (mensucikan diri) ke pantai.

Sejumlah pantai yang biasanya dipadati warga Klungkung, seperti Pantai Watu Klotok, Pantai Goa Lawah, Pantai Kusamba, Pantai Lepang dan Pantai Tegalbesar. Pantai tersebut mendapat pemantauan ketat dari aparat, pecalang bersama satgas Covid-19.

Satgas penanganan Covid -19 memasangkan masker pada pengunjung pantai yang kedaoatan tidak mengunakan masker

Untuk di Kecamatan Dawan, Danramil 1610-03/Dawan Kapten Inf. I Ketut Suwarta menyampaikan, ” Kegiatan yustisi PPKM dilaksanakan dengan sasaran sesuai dengan jadwal yaitu di jalan raya Sampalan Kelod dan melaksanakan penyemprotan disinfektan, menghimbau dan membagikan masker di sepanjang pantai. Tim kami bagi menjadi dua, satu im melaksanakan kegiatan di Pantai Goa Lawah serta di Pelabuhan Tribuana, sedangkan tim satunya lagi melaksanakan kegiatan di Pantai Kampung Kusamba dan Pantai Karang Dadi,” tandas Suwarta.

Demikian pula di wilayah Banjarangkan, anggota Koramil 1610-02/Banjarangkan melakukan pemantauan di Pasar Desa Tusan, Pantai Tegalbesar dan Pantai Lepang. ” Ini bagian dari upaya memutus rantai penyebaran Covid-19,” ungkap Danramil Kapten Inf. I Gede Suwastika.

Di Pantai Watu Klotok, selain menjaga ketat pintu masuk pantai, petugas bersama pecalang tetap melakukan sosialisasi tentang disiplin protokol kesehatan. Hal sama juga dilakukan di Nusa Penida. (yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here