Banyu Pinaruh, Pengunjung Pantai Kedungu Diswab Antigen

0
128
SWAB ANTIGEN : Wisatawan pengunjung Pantai Kedungu, Belalang, Kediri jalani swab test antigen

TABANAN – Perayaan banyu pinaruh dimanfaatkan masyarakat Hindu di Bali untuk melakukan prosesi  melukat atau mandi di laut untuk pembersihan lahir dan batin setelah Hari Raya Saraswati. Pantai menjadi tujuan utama masyarakat, meski sudah ada imbauan  untuk tidak ke pantai. Salah satu pantai di Tabanan yang banyak dikunjungi saat Banyu Pinaruh, adalah Pantai Kedungu, Desa Belalang, Kediri, Minggu (31/1/2021). Mencegah  terjadinya penyebaran Covid-19, pengunjung  termasuk wisatawan asing diperiksa dan dilakukan swab test antigen secara acak. Bahkan kegiatan tersebut dipantau langsung Dandim 1619/Tabanan Letkol. Inf.  Toni Sri Hartanto.  

Dandim Toni Sri Hartanto langsung memimpin Operasi dengan melaksanakan himbauan secara masif dan menindak pelanggar prokes sesuai dengan aturan yang berlaku selain itu Petugas dari Dinas Kesehatan melaksanakan swab  antigen di tempat, terhadap pengunjung pantai kedungu termasuk diantaranya  ada dari warga negara asing (WNA).

“Ada 32 orang pengunjung maupun pedagang termasuk warga asing di swab test antigen, astungkara semuanya negatif Covid-19,” ungkap Dandim Toni Sri Hartanto.

Selain itu, Dandim Tabanan bersama jajaran juga melaksanakan kegiatan humanis dengan membagikan masker kepada para pedagang dan pengunjung yang berada di areal parkir Pantai Kedungu. Mereka yang tidak memakai masker  diberikan pembinaan dan diberikan masker.

Dandim  menyampaikan, kegiatan tersebut digelar agar seluruh warga masyarakat semakin sadar dan paham akan pentingnya 3 M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan di masa adaptasi kebiasaan baru.  

“Karena pandemi Covid-19  ini belum usai dan kasusnya masih tinggi sehingga pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sehingga diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan pendisiplinan secara masif di seluruh wilayah Tabanan kasus covid-19 dapat berkurang dapat berkurang ke zona orange, kuning ataupun hijau,” ungkapnya. (jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here