Desa Adat Yeh Sanih Ditetapkan Sebagai Desa Sipandu Beradat

0
102
Asisten I Setda Buleleng Putu Karuna saat mengikuti acara MoU Sipandu Beradat secara virtual

BULELENG – Desa Adat Yeh Sanih di Desa Bukti Kecamatan Kubutambahan, ditetapkan Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali sebagai salah satu dari 15 Desa Adat Percontohan di Provinsi Bali dalam Pelaksanaan Sistem Pengamanan Terpadu Berbasis Desa Adat (Sipandu Beradat). Penetapan dilakukan MDA Provinsi Bali berdasarkan amanat Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor 26 Tahun 2020 tentang Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat.

“Untuk di Kabupaten Buleleng, Bendesa Agung MDA Provinsi Bali menetapkan Desa Adat Yeh Sanih Desa Bukti Kecamatan Kubutambahan sebagai Pilot Project Program Sipandu Beradat ini,” ungkap Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Buleleng Putu Karuna, Kamis (28/1/2021).

Karuna menegaskan, pelaksanaan program Sipandu Beradat sebagaimana tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Bali No 26 Tahun 2020 juga diperkuat dengan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) atau Nota Kesepakatan kerja sama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali, Kapolda Bali, Bendesa Agung Majelis Desa Adat Provinsi Bali dan Pangdam IX Udayana tentang Sistem Pengamanan Berbasis Desa Adat.

“Dalam kesepakatan tersebut, ada 15 desa adat di Bali yang terpilih menjadi contoh dan menjadi kader awal yang akan melakukan hal-hal yang terkait dalam pelaksanaan program Sipandu Beradat, salah satunya Desa Adat Yeh Sanih,” terangnya.

Melalui program Sipandu Beradat ini, diharapkan terwujud kolaborasi dan sinergitas Pemerintah Provinsi, MDA Bali, Polda Bali dan Kodam IX/Udayana dalam pengamanan Bali. Secara berjenjang, kata Karuna, kolaborasi dan sinergitas instansi, institusi serta lembaga adat ini diharapkan dapat terwujud dalam bentuk Forum Sipandu Beradat di setiap desa. (kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here