Diduga Selewengkan Dana Nasabah, Ketua LPD Budeng Dinonaktifkan

0
85
Bendesa Adat Budeng Ketut Hindu Riyasa

JEMBRANA- Lantaran dibelit persoalan diinternal pengurus Labda Pecingkrem Desa (LPD) Desa Budeng, Kecamatan Jembrana, berbuntut dinonaktifkannya Ketua LPD Budeng. Berdasarkan informasi ,dana LPD ratusan juta, diduga dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi oleh ketua berinisial Wayan S. Hingga sejumlah nasabah tak bisa menarik tabungannya.

Persoalan yang mendera LPD Desa Budeng, sudah berlangsung setahun lebih. Melalui musyawarah desa adat, penyelesaian keuangan LPD dilakukan secara kekeluargaan, antara LPD serta desa adat termasuk bendesa. Sedangkan Ketua LPD sanggup mengembalikan keuangan LPD yang digunakan dengan menaruh sertipikat tanah sebagai jaminannya.

Bendesa Adat Budeng Ketut Hindu Riyasa dikonfirmasi Senin (25/1/2021), tak menampik adanya permasalahan diLPD Budeng.

“Terkait persoalan tersebut, sudah diselesaikan secara keluargaan melalui paruman desa adat. Dalam paruman adat diputuskan Ketua LPD dinonjobkan dan sudah ditunjuk pengganti sementara untuk kelanjutan pengelolaan LPD,” paparnya.

Dikatakan, Ketua LPD juga sudah menyatakan kesanggupannya bertanggungjawab dan siap mengembalikan dana dengan jaminan sertipikat miliknya.

“Kami berusaha menyelamatkan aset dan dana masyarakat. Kalau ke jalur hukum siapa yang mempertanggungjawabkan dana nasabah tersebut,” ungkap Hindu Riyasa.

Terhadap kejadian ini, pihaknya mengambil hikmahnya dan akan membenahi kondisi LPD untuk kemajuan desa.

“Manajemen harus dibenahi ke depannya dan akan ditata. Sebelumnya tata kelola tidak seimbang. Semoga nanti kami mendapatkan ketua LPD yang siap ngayah dan punya kualifikasi. Sehingga pengelolaan LPD bisa lebih profesional,” tandasnya (ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here