Ditetapkan Jadi Bupati Terpilih, Komang Gede Sanjaya Tak Didampingi Wakil, Ini Alasannya

0
99
Bupati terpilih I Komang Gede Sanjaya menerima berkas putusan KPU tanpa didampingi wakil bupati terpilih

TABANAN – KPU Tabanan telah menggelar pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Tabanan Pilkada serentak 2021 di ruang rapat KPU Tabanan, Sabtu (23/1/2021). Kehadiran Bupati terpilih  I Komang Gede Sanjaya tak didampingi Wakil Bupati terpilih I Made Edi Wirawan. Kenapa?

Ditemui usai rapat pleno KPU, Sanjaya mengatakan, kalau wakilnya Edi Wirawan tidak hadir mendampingi dirinya dalam penetapan KPU karena sakit. Dirinya telah menyarankan agar istirahat.

“Pak Edi-nya lagi sakit, sehingga tidak bisa hadir,” jelasnya Komang Gede Sanjaya.

Sementara Ketua KPU Tabanan I Gede Putu Weda Subawa menjelaskan, ketidakhadiran wakil bupati terpilih, tidak menjadi masalah. Pasalnya, pleno yang digelar hanya penetapan bupati dan wakil bupati terpilih.

“Tak masalah tidak hadir (saat penetapan), lain dengan saat pendaftaran, keduanya memang harus hadir,” jelasnya.

Dalam rapat pleno KPU akhirnya menetapan pasangan nomor urut satu, I Komang Gede Sanjaya-I Made Edi Wirawan (Jaya-Wira) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tabanan terpilih periode 2020-2024. Pasangan Jaya Wira meraih 72,88 persen suara, jauh dari pesaingnya pasangan nomor urut dua, AA Ngurah Panji Astika-Dewa Nyoman Budiasa (Panji-Budi) yang meriah 27,12 persen suara. Bahkan pasangan nomor urut dua ini, tidak hadir pada saat pleno tersebut.

Penetapan bupati dan wakil bupati terpilih, setelah KPU menerima surat dari KPU RI dan salinan putusan MK, kalau Tabanan tidak ada dalam daftar gugatan yang masuk ke MK tertanggal 20 Januari 2021. Berdasarkan hal tersebut, KPU Tabanan menetapkan bupati dan wakil bupati terpilih. (jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here