Bangkai Paus Seberat Dua Ton Terdampar di Pantai Batu Belig

0
388
Bangkai Ikan Pausjenis Bryde's Whale dalam proses penguburan.

MANGUPURA – Warga pesisir Pantai Batu Belig, Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Kamis (21/1/2021), pagi dihebohkan dengan terdamparnya bangkai ikan paus berukuran raksasa.

Nelayan pertama kali melihat bangkai paus yang sudah membusuk tersebut sekitar 300 meter dari bibir Pantai Berawa. Hingga akhirnya terbawa arus dan terdampar di Pantai Batu Belig.

Sebelum dikubur, bangkai ikan paus tersebut sempat diidentifikasi oleh Balai Pengelolaan Sumberdaya Air dan Laut Denpasar. Dari hasil identifikasi tersebut diketahui paus ini jenis Bryde’s Whale dengan panjang 13,8 meter dan berat sekitar 2 ton. Hewan ini diketahui hidup dilaut lepas yang dalam.

Dua alat berat milik Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Badung dikerahkan untuk proses penguburan. “Kita baru menerima informasi dari Dinas Perikanan Badung sekitar pukul 10.30 Wita. Dua alat berat kita kerahkan untuk proses penguburan,”kata Kabid Pengelolaan Kebersihan dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun  DLHK Badung AA Gede Agung Dalem yang dikonfirmasi kemarin.

Lebih lanjut diungkapkannya, karena kondisi bangkai paus sudah membusuk dan menebar bau yang tak sedap maka diputuskan langsung dikubur dilokasi. Tapi sebelumnya kata dia, dilakukan identifikasi oleh Balai Pengelolaan Sumberdaya Air dan Laut  Kementerian Kelautan dan Perikanan. (lit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × two =