Banjir Bandang Terjang Medewi, Belasan Rumah Terendam Lumpur

0
45
Rumah warga di pinggir sungai di Medewi nyaris hanyut akibat banjir badang

JEMBRANA-Meluapnya Sungai Yeh Satang di Desa Medewi, Kecamatan Pekutatan, Jembrana, Jumat (15/01/2021) mengakibatkan sebuah rumah hanyut serta sejumlah rumah terendam. Banjir yang terjadi sejak malam sebelumnya, membawa material lumpur bercampur tanah dan kayu. Akibatnya, rumah warga yang sebagian berada di pingir sungai di Banjar Lebah terdampak.

Terparah rumah semi permanen milik Misbah, hanyut. Sementara penghuninya berhasil menyelamatkan diri ketika banjir terjadi. Selain menghanyutkan rumah, sejumlah rumah dan jalanan  di Kampung Loloan juga tertimbun lumpur yang dibawa banjir. Akses menuju kampung tersebut juga sulit dilalui. Banjir yang terjadi hingga menjelang pagi hari, juga menghanyutkan ternak milik warga. Tercatat sembilan ekor sapi  dan ratusan ekor ayam dilaporkan hanyut. Sementara jalan menuju banjar juga tertimbun lumpur.

Plt Kalak BBPD Jembrana IGN Darma Putra mengaku sudah menerjunkan tim URC ke lokasi banjir bandang di Desa Medewi.

“Sebuah rumah hanyut dan beberapa rumah terendam lumpur sedang didata,” terangnya.

Jalanan desa yang juga tertimbun lumpur, mulai dibersihkan. Tidak ada korban jiwa, hanya satu rumah hanyut serta sejumlah rumah terendam akibat material lumpur yang terbawa banjir.

“Tadi tim juga sudah melakukan pendataan berikut membersihkan jalanan, rumah-rumah warga  dari genangan lumpur dengan disemprot air mengunakan mobil BPBD ,”jelasnya.

Sementara Perbekel Medewi Nengah Wirama dikonfirmasi terpisah, membenarkan terjadinya banjir bandang. Tercatat 12 rumah warganya terdampak banjir. Selain itu akses jalan sepanjang 500 meter juga ikut rusak terbawa banjir.  

“Sudah didata warga yang rumahnya mengalami kerusakan parah sedang dan ringan. Saya sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan BPBD,” terangnya.(ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here